RSUD Sondosia Dinilai Tim Akreditasi

Kabupaten Bima, Kahaba.- Tim surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit melakukan survei Akreditasi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi pertama di RSUD Sondosia, Kamis (13/6).

Suasana acara penilai RSUD Sondosia oleh Tim Akreditasi. Foto: Yadien

Tim survei terdiri dari 3 orang yakni Arya Warsaba Sthiraprana Duarsa, Yunus Mahatma, dan  I Dewa Putu Alit Panca Gunawa.

Ketua tim akreditasi Arya Warsaba Sthiraprana Duarsa mengatakan, proses penilaian  tersebut akan dilakukan selama 3 hari. Mulai Kamis hingga Sabtu (143-15/6). Adapun sejumlah item yang akan dinilai yakni manajemen, medis, dan keperawatan.

Ia menjelaskan, akreditasi rumah sakit merupakan proses agar lembaga SNARS memberikan penilaian terhadap rumah sakit berdasarkan standar akreditasi yang berlaku.

“Rumah sakit yang telah terakreditasi akan mendapatkan pengakuan dari pemerintah karena telah memenuhi standar pelayanan dan manajemen yang ditetapkan,” jelasnya.

Arya membeberkan, agenda yang akan lakukan nanti terdiri dari menerima presentasi dari Dirut RSUD Sondosia Bima tentang peningkatan mutu dan keselamatan pasien rumah sakit, telaah dokumen, telaah rekam medic tertutup, dan telaah rekam medik terbuka, seta survey lapangan.

“Survei lapangan ditekankan pada telusur pasien untuk diwawancarai langsung atas pelayanan yang diberikan rumah sakit,” bebernya.

Direktur RSUD Sondosia Bima Yuyan Averoos menyampaikan, untuk menghadapi penilaian akreditasi tersebut, pihaknya mempersiapkan sejak lama, namun lebih ditingkatkan lagi tahun ini.

“Memang sudah kami persiapkan jauh-jauh hari,” ujarnya.

Kata dia, proses akreditasi tersebut sejalan dengan program pemerintah dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada  masyarakat. Sehingga dengan adanya penilaian ini, ke depan status RSUD Sondosia Bima bisa ditingkatkan, terutama dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

Di tempat yang sama, Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri mengatakan, verifikasi akreditasi tersebut merupakan keharusan, agar rumah sakit bisa memberikan pelayanan yang susai dengan standar kepada masyarakat.

“Akreditasi rumah sakit merupakan pengakuan terhadap rumah sakit yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggaran akreditasi,” paparnya.

Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat, pemerintah daerah telah mendirikan puskesmas dan Rumah Sakit Umum di wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Bima. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat.

“Saya berharap dengan adanya akreditasi RSUD Sondosia ini dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *