Kabar Bima

Sosialisasi Gebyar DBIP, Dorong Pelayanan Informasi Publik yang Maksimal

224
×

Sosialisasi Gebyar DBIP, Dorong Pelayanan Informasi Publik yang Maksimal

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Komisi Informasi Publik (KIP) NTB bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima menggelar sosialisasi gerakan bersama layanan dasar desa benderang informasi publik (Gebyar) DBIP di kantor setempat, Selasa kemarin.

Sosialisasi Gebyar DBIP, Dorong Pelayanan Informasi Publik yang Maksimal - Kabar Harian Bima
KIP NTB dan Dinas Kominfo Kota Bima saat sosialisasi Gebyar DBIP. Foto: Ist

Kegiatan tersebut dihadiri ketua KIP NTB Heriyadi bersama komisioner. Hadir pula Kepala Dinas Kominfo Kota Bima, Supratman didampingi Sekretaris Ahmadin dan jajaran serta peserta dari perwakilan Dinas Kesehatan dan dunia pendidikan Kota Bima.

Sosialisasi Gebyar DBIP, Dorong Pelayanan Informasi Publik yang Maksimal - Kabar Harian Bima

Kepala Kominfo Kota Bima Supawarman saat sambutan memastikan dukungan penuh jajaran Kominfo Kota Bima disetiap program pembangunan dan pengembangan serta pelayanan informasi publik.

“Ini dimaksudkan agar meningkatkan pemahaman aparatur tentang keterbukaan informasi publik. Agar bisa mensukseskan agenda Pemkot Bima dalam memberikan pelayanan informasi publik yang lebih maksimal,” paparnya.

Di tempat yang sama, Ketua KIP NTB Heriyadi menyampaikan, latar belakang digelarnya sosialisasi Gebyar DBIP berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, sehingga dapat memberikan jaminan terhadap setia orang untuk memperoleh informasi publik.

Berdasarkan undang-undang, diwajibkan bagi badan publik untuk memberikan layanan informasi yang baik bagi masyarakat. Karena salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka adalah terpenuhinya hak publik.

“Dengan demikian maka dapat memberikan partisipasi pada masyarakat dalam setiap proses pengambilan keputusan publik,” jelasnya.

*Kahaba-01