oleh

UPP dan Puskeswan Bolo Vaksinasi Ternak

-Kabar Bima-7 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- UPP dan Puskeswan Kecamatan Bolo melakukan vaksinasi ternak peliharaan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi berkembangnya sejumlah penyakit.

Proses vaksinasi pada kambing. Foto: Ist.

Kepala UPP dan Puskeswan Kecamatan Bolo Amran mengatakan, vaksinasi pada ternak terdiri dari 2, yakni vaksinasi SE dan Antrak. Vaksinasi SE dilakukan untuk mengantisipasi penyakit ngorok (tagere) pada ternak, sementara vaksinasi antrak untuk mengantisipasi virus terhadap ternak tersebut.

“Jadi ada 2 jenis vaksinasi untuk ternak peliharaan ini,” ujarnya, Sabtu (22/6).

Kata dia, jenis ternak pun juga dibagi menjadi 2. Yakni ternak besar dan ternak kecil. Ternak kecil yang terdiri dari kambing dan domba diberikan vaksin antrak. Sementara ternak besar diberikan vaksin antrak dan SE.

“Ternak besar itu terdiri dari sapi, kerbau, dan kuda,” katanya.

Hingga saat ini, pihaknya sudah melakukan vaksinasi di 2 desa pada kecamatan setempat, yakni Desa Tambe dan Rasabou. Di Tambe sudah divaksin sekitar 300 ternak, sementara di Rasabou baru 15 ternak. Selain itu pihaknya juga sudah vaksin 200 ternak di Desa Sondosia yang mau dikirim ke luar.

Ia menambahkan, vaksinasi ternak akan dilakukan pada semua desa hingga Agustus mendatang. Dirinya berharap semoga dengan upaya tersebut penyakit pada ternak bisa diantisipasi dan dicegah lebih awal.

*Kahaba-10

Komentar

Kabar Terbaru