Kabar Bima

Pemdes Sanolo Belum Evaluasi RAPBDes, FMDS Audiensi dengan BPD

242
×

Pemdes Sanolo Belum Evaluasi RAPBDes, FMDS Audiensi dengan BPD

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Front Masyarakat Desa Sanolo (FMDS) menggelar audiensi dengan BPD setempat, Senin (24/6). Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meminta penjelasan kepada BPD mengapa evaluasi rancangan APBDes desa setempat belum juga dilakukan. Padahal desa-desa lain di Kecamatan Bolo sudah melakukannya.

Pemdes Sanolo Belum Evaluasi RAPBDes, FMDS Audiensi dengan BPD - Kabar Harian Bima
Audiensi FMDS bersama BPD dan Pemdes Sanolo. Foto Yadien. Foto: Yadien

“Kami heran. Kenapa belum juga lakukan evaluasi rancangan APBDes sampai hari ini,” tanya Koordinator audiensin Muhammad Khairuddin.

Pemdes Sanolo Belum Evaluasi RAPBDes, FMDS Audiensi dengan BPD - Kabar Harian Bima

Kata dia, karena tidak dikakukan evaluasi rancangan APBDes, otomatis pemerintah desa setempat tidak akan bisa mengajukan pencairan dana desa tahap pertama tahun 2019.

“Sudah banyak desa yang mencairkan dana tahap pertama. Sementara desa kami belum juga evalusia APBDes,” katanya.

Kondisi ini tentu akan merugikan pemerintah desa, terutama masyarakar sebagai penerima manfaat dari program dana desa. Karena bisa dipastikan, jika dana desa tidak cair maka program pembangunan tahun ini tidak bisa direalisasikan.

“Ujung-ujungnya masyarakat yang rugi,” ketusnya.

Ia berharap, BPD harus bisa menjelaskan duduk persoalan sehingga evaluasi rancangan APBDes belum dilakukan hingga sekarang.

Wakil BPD Sanolo Muhammad Golo mengatakan, pihaknya belum bisa mengevaluasi rancangan APBDes tahun 2019 karena ada sejumlah program pembangunan tahun 2018 yang menjadi temuan.

“Ada masalah yang kami temukan pada realisasi program tahun 2018,” ungkapnya.

Terkait hal itu, pihaknya mendorong pemerintah desa setempat untuk segera menyampaikan LKPJ tahun 2018, sehingga bisa fokus pada rencana program 2019.

*Kahaba-10