oleh

Puluhan OPD Belum Maksimal Menggunakan Website

-Kabar Bima-2 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Untuk menunjang terwujudnya Kota Smart City di tahun 2020, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima akan mengontrol dan mengawasi penggunaan website setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kabid Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Dinas Kominfo Kota Bima Muhammad Fadil. Foto: Eric

Ini dilakukan, untuk mempermudah akses informasi, baik oleh pemerintah daerah dan masyarakat yang ingin mengetahui setiap kegiatan dan pelaksanaan program OPD.

Kabid Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Dinas Kominfo Kota Bima Muhammad Fadil menyampaikan, kontrol dan pengawasan ini dilakukan karena berdasarkan data center masih banyak sejumlah OPD yang tidak  melakukan posting setiap program kerja dan kegiatan.

“Terdapat puluhan OPD yang belum memaksimalkan penggunaan website. Bisa jadi karena terkendala jaringan, atau admin setiap OPD belum memahami cara kerja,” ujarnya, Rabu (26/6).

Menurut Fadil, setiap admin OPD telah diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang cara pengoperasian website. Sehingga setiap agenda masing-masing dinas, dapat diposting dan bisa diketahui publik.

“Kami akan turun ke OPD yang belum sama sekali atau yang masing sedikit memposting agenda kegiatan. Agar bisa kami lakukan pendampingan untuk mencari tahu penyebab dan mencari solusi bersama,” katanya.

Mantan Lurah Sambinae itu mengungkapkan, sebenarnya kegiatan setiap OPD bisa dimaksimalkan dapat dipublikasikan ke masing-masing website. Sehingga bisa diketahui oleh publik. Apalagi di zaman keterbukaan informasi, tuntutan masyarakat akan informasi sangat besar.

Dengan maksimalnya pemanfaatan website OPD tersebut, maka pemerintah dan juga kepala daerah mudah mengawasi dan kinerja aparatur pegawai. Sehingga dapat menjadi bahan acuan untuk mengevaluasi kinerja.

*Kahaba-04 

Komentar

Kabar Terbaru