Dana Desa Tahap Kedua Cair, Pemdes Bontokape Prioritaskan Pembangunan Fisik

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dana desa tahap kedua di Pemerintah Desa Bontokape Kecamatan Bolo telah cair. Untuk penggunaan anggaran tersebut, pemerintah desa setempat memprioritaskan pada program pembangunan fisik.

Pj Kepala Desa Bontokape Zainul Amrin. Foto: Yadien

Pj Kepala Desa Bontokape Zainul Amrin menyampaikan, pemerintah desa akan memulai pengerjaan dengan menggunakan dana desa tahap kedua mulai tanggal 15 Juli mendatang. Sejumlah program pembangunan telah dicanangkan dengan memprioritaskan pembangunan fisik.

“Memang tahap kedua ini banyak program fisik,” ujarnya, Kamis (11/7).

Kata dia, pada tahap kedua ini dana desa yang dicairkan sebanyak 40 persen. Jumlah tersebut jika dirupiahkan menjadi Rp 328.353.826. Anggaran tersebut akan digunakan antara lain untuk program bedah rumah sebanyak 6 unit, jambanisasi 44 unit, pemasangan listrik gratis 34 unit, gorong-gorong di So Latemba, Jalan Ekonomi So Latemba.

“Program pemberdayaan kami antara lain yaitu bantuan peralatan pengolahan pertanian berupa semprot cas dan mesin pemotimg rumput,” katanya.

Sementara itu kata dia, pemerintah desa setempat juga telah merampungkan pengerjaan tahap pertama dengan menggunakan dana desa sebanyak 20 persen. Pengerjaan tersebut dilakukan mulai bulan Mei hingga Juni kemarin.

“Anggaran dana desa tahap pertama sebanyak Rp. 164. 176.913,” sebutnya.

Anggaran tersebut kata dia, digunakan antara lain untuk rabat RT 04, pembangunan rabat bahu gang RT 02, pembangunan jalan lingkungan RT 01, rabat gang RT 02, rabat gang RT 05, dan penyediaan garam beryudium. Selain itu juga digunakan untuk membayar Insentif guru ngaji, imam dan bilal masjid.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *