Unik, Pemilihan Ketua RT di Nggembe Ada Kampanye Terbuka

Kabupaten Bima, Kahaba.- Proses pemilihan Ketua RT di Desa Nggembe Kecamatan Bolo terbilang unik dibanding desa-desa lain. Pasalnya, rangkaian pemilihan Ketua RT di desa itu juga memberi ruang untuk kampanye terbuka.

Salah satu calon Ketua RT di Desa Nggembe saat kampanye terbuka. Foto: Ist

Para calon Ketua RT bergantian setiap hari selama massa sosialisasi melakukan kampanye keliling, tidak jauh beda dengan kampanye Pemilihan Kepala Desa. Mereka diarak keliling wilayah RT menggunakan mobil dan diikuti massa pendukung yang konvoi di belakang.

Pj Kepala Desa Nggembe Adnan mengatakan, kampanye tersebut merupakan inisiatif dari masyarakat dan para calon Ketua RT untuk meramaikan perhelatan tersebut. Pasalnya, pemerintah desa setempat tidak pernah mengintruksikan kegiatan serupa.

“Itu murni inisiatif masyarakat. Kami bahkan tidak alokasikan anggaran untuk pemilihan Ketua RT ini,” ujarnya.

Kata dia, pemilihan Ketua RT tidam terlalu formal. Masyarakar bisa melakukan saat ini juga, dengan cara musyawarah keterwakilan yang difasilitasi oleh Kepala Dusun di wilayah masing-masing.

“Musyawarah diikuti oleh kepala keluarga yang ada di wilayah RT setempat,” katanya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *