Kodim Bima Bekali Kedisiplinan dan Wawasan Kebangsaan untuk Siswa Baru

Kabupaten Bima, Kahaba.- Hari Senin (15/7) merupakan hari pertama siswa SD, SMP maupun SMA kembali ke bangku sekolah, setelah masa libur hampir selama 2 pekan. Termasuk para siswa baru yang pertama kali memasuki sekolah diberbagai jenjang pendidikan, mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Kodim Bima saat membekali kedisiplinan dan wawasan kebangsaan kepada siswa. Foto: Ist

Kodim 1608 Bima bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota Bima serta sekolah-sekolah, berpartisipasi dengan memberikan pembekalan kedisiplinan serta wawasan kebangsaan bagi para siswa baru.

Kegiatan ini dilaksanakan diseluruh jajaran Kodim 1608 Bima, mulai dari Kota Bima sampai dengan daerah-daerah seperti Sanggar, Lambu maupun Monta dan Soromandi.

“Total meliputi 32 sekolah baik itu SMP, SMA maupun SMK, diikuti oleh ratusan siswa-siswi diseluruh wilayah Kabupaten Bima dan Kota Bima,” tutur Dandim Bima Letkol Inf. Bambang Kurnia Eka Putra.

Kegiatan dimulai dari upacara bendera, pelatihan PBB dilanjutkan dengan pemberian materi Wawasan Kebangsaan. Bertindak sebagai pemateri maupun pelatih adalah para Danramil, Danposramil serta Babinsa diwilayah masing-masing.

Ia menjelaskan, para siswa baru sangat antusias dan semangat dalam mengikuti setiap materi yang diberikan. Demikian juga para guru yang mengharapkan agar kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan secara terjadwal karena manfaatnya sangat besar dalam melatih kedisiplinan, pembentukan karakter maupun pemahaman rasa nasionalisme kepada generasi muda.

Dandim menyampaikan, melalui kegiatan semacam ini diharapkan akan menumbuhkan motivasi bagi para siswa, melatih mental kejuangan serta kedisiplinan dan juga mempertebal rasa cinta tanah air.

“Selain itu juga dimasukkan materi tentang narkoba untuk mencegah generasi muda dari pengaruh narkoba yang semakin membahayakan,” terangnya.

Bambang juga mengucapkan terima kasih kepada para Danramil beserta jajarannya yang sangat termotivasi dan penuh dedikasi untuk dapat melatih para generasi penerus bangsa melalui kegiatan MPLS ini. Juga kepada para guru maupun siswa yang telah mengikuti kegiatan dengan sangat baik.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *