Kabar Bima

TPID Klaster 1 Adakan Bursa Inovasi Desa di Bolo

238
×

TPID Klaster 1 Adakan Bursa Inovasi Desa di Bolo

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kalster 1 mengadakan pameran bursa inovasi desa di Paruga Na’e Bolo, Selasa (16/7). Kegiatan tersebut diikuti seluruh desa yang ada di 6 kecamatan yang tergabung dalam klaster 1, yakni Kecamatan Bolo, Madapangga, Soromandi, Donggo, Sanggar dan Kecamatan Tambora.

TPID Klaster 1 Adakan Bursa Inovasi Desa di Bolo - Kabar Harian Bima
Pameran Bursa Inovasi Desa Klaster 1. Foto Yadien

Koordinator TPID Klaster 1 Muhammad Muntaha mengatakan, bursa INOVASI Desa merupakan ruang atau ajang pertukaran informasi tentang desa yang berkaitan dengan pembangunan dan pengembangan desa yang inovatif. Mulai dari bidang sumber daya manusia, ekonomi atau wirausaha dan infrastruktur.

TPID Klaster 1 Adakan Bursa Inovasi Desa di Bolo - Kabar Harian Bima

“Jadi desa-desa yang hadir ini bisa melihat langsung sejumlah inovasi yang sudah dilakukan oleh sejumlah desa yang ada di klaster 1 di pameran ini,” ujarnya.

Kata dia, semua peserta yang hadir diminta untuk melihat sejumalah inovas-inovasi yang dipamerkan, lalu meniru serta memodifikasinya. Desa diminta untuk berkomitmen agar menganggarkan agar dijalankan pada tahun anggaran 2020.

“Semua desa yang hadir akan membuat komitmen, inovasi apa yang akan mereka kembangkan di desanya,” jelasnya.

Ia membeberkan, pada kegiatan tersebut terdapat 3 stand pameran yang sudah di dirikan. Masing-masing stand diisi dengan puluhan inovasi yang berbeda-beda. Di stand A terdapat 18 inovasi yang berkaitan dengan sumber daya manusia sementara di stand B terdapat terdapat 11 inovasi tentang infrastruktur.

“Stand C merupakan bidang kewirausahaan atau ekonomi. Ada 16 inovasi yang dipamerkan di sana,” bebernya.

*Kahaba-10