Kabar Bima

Tingkatkan Kemampuan, DPRD Kota Bima Bimtek di Bali

314
×

Tingkatkan Kemampuan, DPRD Kota Bima Bimtek di Bali

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- DPRD Kota Bima melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Denpasar Bali, baru-baru ini. Kegiatan tersebut digelar selama 3 hari, mulai 15-17 Juli 2019 di Fashion Hotel, Legian Bali dengan tema “Paradigma Baru Pengelolaan Keuangan Daerah dan Laporan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Seta Peranan Hard dan Soft Skills bagi Anggota DPRD menjelang Purnabhakti”.

Tingkatkan Kemampuan, DPRD Kota Bima Bimtek di Bali - Kabar Harian Bima
Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Bima saat bimtek di Bali. Foto: Ist

Hadir dalam bimtek tersebut pimpinan dan swluruh anggota DPRD Kota Bima didampingi Sekretariat DPRD Kota Bima. Sementara Narasumber I Gede Agus Wibawa dan Narasumber ibu IGAP Wulan Budisetyani.

Tingkatkan Kemampuan, DPRD Kota Bima Bimtek di Bali - Kabar Harian Bima

Ketua DPRD Kota Bima Syamsurih saat sambutan pembukaan acara bimtek menyatakan, setiap bimtek pasti menjadi pengetahuan baru yang menjadi kebutuhan para anggota dewan. Selain itu, akan banyak hal yang kemudian bisa dipahami seperti kebijakan-kebijakan terbaru, diiringi pemahaman dan anggaran terkait dengan kebijakan tersebut.

“Oleh karena ini menghantarkan pengetahuan baru demi peningkatan kinerja para anggota dewan, seluruh anggota dewan harus serius dalam menjalani bimtek,” ujarnya, dikutip dari website resmi Sekretariat DPRD Kota Bima.

Syamsurih menekankan, yang utama dalam pemahaman melalui bimtek ini adalah bagaimana penganggaran pemerintah daerah dilaksanakan. Karena, kadang kondisi di lapangan tidak seperti yang diharapkan.

Disaat pemahaman anggota legislatif sudah didapatkan mengenai pelaksanaan anggaran, ternyata bertabrakan dengan pelaksanaan yang dilakukan oleh eksekutif.

“Ini yang sering memicu terjadi pergolakan di lapangan, DPRD yang berada di Banggar dan eksekutif yang diwakili TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah),” paparnya.

Ia menjelaskan, bimtek digelar berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 57 Tahun 2011 tentang Petunjuk Teknis Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota.

“Kegiatan bimtek yang ke 4 selama tahun 2019 ini bertujuan untuk memaksimalkan ketrampian dengan peningkatan kinerja yang berkompeten, profesional dan bekerja sepenuh hati untuk rakyat dan negara,” tuturnya.

*Kahaba-01