Tahun Ajaran Baru, SMP 1 Buka 2 Kelas Unggulan

Kota Bima, Kahaba.- Guna meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan mulai tahun ajaran baru 2019-2020, jajaran SMP 1 Kota Bima membuka 2 kelas unggulan baru dari 11 rombongan belajar (Rombel) secara keseluruhan.

Kepala SMPN 1 Kota Bima Hj Nurmah. Foto: Eric

Kepala SMP 1 Kota Bima Hj Nurmah mengungkapkan, 2 kelas unggulan yang baru dibuka tersebut merupakan program pertama kali. Tujuannya agar terus mencetak generasi pelajar yang berkualitas, baik di bidang sains dan agama.

“Alhamdulillah program kelas unggulan bisa telaksana mulai tahun ini, berkat kerjasama semua pihak terutama tenaga pendidik dan walimurid,” ujarnya, Senin (22/7).

Mantan Kepala SMPN 6 itu menjelaskan, program kelas unggulan ini berbeda dengan kelas akselerasi yang hanya menempuh studi 2 tahun. Namun kali ini tetap mengikuti pendidikan selama 3 tahun, sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah pusat melalui Kemendikbud.

“Pendidikan tetap ditempuh selama 3 tahun, hanya saja di fokuskan bidang sains dan juga agama,” katanya.

Dengan adanya 2 kelas unggulan baru tersebut, tentu saja tidak mengucilkan 9 kelas lain. Artinya bisa tetap belajar seperti biasa, menerima pelajaran dari guru dan bisa bersaing bersama di bidang sains dan agama.

“Perbedaan kelas unggulan dengan kelas biasa, bahasa yang digunakan setiap jam pendidikan yaitu menggunakan bahasa inggris dan bahasa arab,” ungkapnya.

Agar menghasilkan siswa yang bisa bersaing dengan sekolah lain dan meraih prestasi yang membanggakan, waktu pelajaran berbeda dari kelas biasa. Belajar ditambah sampai siore hari.

Meskipun ditambahkan jam belajar sampai sore hari, dipastikan siswa kelas unggulan tidak akan jenuh selama mengikuti kegiatan. Karena selama menerima materi dari guru, juga akan diisi dengan sarana hiburan berupa permainan.

“Metode belajar sembari bermain ini agar siswa tidak bosan selama menerima pelajaran, karena bisa enjoy dan menyerap ilmu yang disampaikan guru,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *