Perangkat Daerah Paparkan Program Prioritas Tahun 2020

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka efisiensi dan efektivitas perencanaan pembangunan dan penggunaan anggaran, Walikota dan Wakil Walikota Bima melalui Bappeda Litbang Kota Bima meminta Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Bima untuk memaparkan atau mengekspos  rencana kerja dan program prioritas tahun 2020.

Pemaparan Program Prioritas Tahun 2020 oleh Perangkat Daerah di ruang rapat Walikota Bima. Foto: Ist

Seluruh perangkat daerah dijadwalkan melakukan ekspos secara bergiliran mulai Senin 22 Juli 2019, bertempat di ruang rapat Walikota. Pimpinan Perangkat Daerah hadir bersama para Kabid dan Kasubbag Program, menyampaikan paparan di hadapan Walikota, Wakil Walikota, Sekda, Staf Ahli Walikota dan Asisten Setda.

Kepala Bappeda dan Litbang H Fakhrunrraji bertindak selaku fasilitator, didampingi para Kabid dan Kasubbid yang memiliki tugas fungsi koordinasi program.

H Fakhrunrraji menjelaskan, salah satu poin utama yang harus dijelaskan oleh pimpinan perangkat daerah adalah terkait tujuan dan sasaran yang ingin dicapai oleh perangkat daerah, dan bagaimana kaitan tujuan dan sasaran tersebut dengan sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Bima Tahun 2019-2023.

Dari kegiatan ekspos ini juga diharapkan ada sharing informasi tentang aspek-aspek atau faktor yang berperan dalam membangun urusan sesuai dengan tupoksi perangkat daerah.

“Pimpinan OPD hendaknya dapat menjelaskan apa yang sudah dilakukan sejauh ini, apa kendala yang dihadapi, serta apa yang sudah dicapai,” katanya.

Ekspos program prioritas perangkat daerah ini merupakan arahan kepala daerah yang ingin menggali informasi terkait langkah-langkah, dan kegiatan inovatif yang dapat mendukung akselerasi pencapaian tujuan, dan sasaran serta target kinerja perangkat daerah.

“Pimpinan perangkat daerah dapat menggunakan kesempatan ini untuk menjelaskan program dan kegiatan unggulannya serta bagaimana program unggulan itu diimplementasikan,” ujarnya.

Selanjutnya kepala daerah bersama Bappeda Litbang akan mengkaji kegiatan-kegiatan apa saja yang dirasa kurang berkontribusi langsung terhadap pencapaian indikator sasaran perangkat daerah, juga mengecek jika ada duplikasi kegiatan pada Perangkat Daerah yang lain. Sehingga perencanaan alokasi anggaran tahun 2020 untuk setiap Perangkat Daerah dapat lebih efektif dan efisien.

Pada kesempatan itu, Walikota HM Lutfi berharap setiap perangkat daerah memiliki keunggulan komparatif dan program inovasi yang berdampak pada peningkatan taraf kehidupan masyarakat.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *