Kominfo Gelar Edukasi Kesadaran Keamanan Informasi

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima melalui Bidang Persandian menggelar kegiatan edukasi kesadaran keamanan informasi di aula kantor setempat, Rabu (24/7). Kegiatan itu dihadiri perwakilan sejumlah OPD terkait, jajaran kecamatan dan kelurahan.

Acara edukasi kesadaran keamanan informasi yang digelar Dinas Kominfo Kota Bima. Foto: Bin

Kabid Persandian Dinas Kominfo Kota Bima Muhaemin menjelaskan, di era kemajuan teknologi informasi saat ini, sudah menjadi sebuah komoditi yang sangat penting. lebih jauh lagi banyak pihak yang beranggapan bahwa era sekarang merupakan zaman informasi atau dikenal dengan information based society.

“Kemampuan untuk mengakses dan menyediakan informasi secara cepat dan akurat menjadi sangat esensial bagi pemerintah dan masyarakat,” jelasnya saat menyampaikan sambutan.

Kata dia, ancaman terhadap sumber informasi dan interaksi antara pengguna pada dasarnya diakibatkan oleh berbagai kelemahan yang dieksploitasi oleh pelaku, dengan tujuan menguasai atau mengambil alih aset informasi yang bernilai tersebut.

“Kelemahan itu dapat berupa force mayor atau bencana alam dan kerusuhan, maupun kekurangan pada sistem dan kelalaian manusia dalam mata rantai keamanan,” paparnya.

Menurut dia, teknologi informasi dan internet sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia modern saat ini. Dimulai hadirnya PC di perkantoran, warnet, perumahan dan sekolah. Kemudian PC digantikan oleh smartphone yang menjadi teman setia manusia, dimana saja dan kapan saja termasuk ketika berpergian, tidak pernah ketinggalan bahkan saat tidur.

Kabid Persandian Dinas Kominfo Kota Bima Muhaemin. Foto: Bin

“Tapi banyak yang masih tidak memahami, dampak negatif dari dunia cyber saat ini juga berdampak pada masyarakat, anak-anak yang gemar posting di sosmed juga banyak menjadi korban karena pengaruh media sosial,” tuturnya.

Dengan berbagai macam kasus dan modus serangan siber dunia maya tersebut sambungnya, maka pihaknya akan terus memberikan motivasi dan dukungan, agar ke depannya acara seperti ini dapat dilaksanakan, juga ditingkatkan di kelurahan dan pendidikan.

“Ini penting, sehingga masyarakat dan anak sekolah juga dapat memahami dan mencegah dampak dan pengaruh perkembangan teknologi dan informasi saat ini,” ucapnya.

Dari kegiatan ini tambah Muhaemin, pihaknya mengharapkan kepada peserta yang hadir agar dapat memahami materi materi edukasi keamanan informasi ini dengan baik dan benar, sehingga dapat menumbuhkan semangat dan keseriusan dan bisa ditularkan serta diterapkan di masyarakat dan anak-anak.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *