oleh

Gairahkan Minat Baca, HIMPAUDI Gelar Gernas Baku

-Kabar Bima-6 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Guna meningkatkan minat baca siswa, jajaran Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Kota Bima menggelar kegiatan Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku).

Ketua HIMPAUDI Kota Bima Rustam Bersama Walimurid Mendampingi Siswa Saat Membacakan Buku Cerita. Foto; Eric

Kegiatan tersebut diselanggarakan di TK Bayangkari, Sabtu (27/7), diikuti puluhan tenaga pendidik dan anak-anak usia dini dan orangtua murid.

Ketua HIMPAUDI Kota Bima Rustam menyampaikan, kegiatan dengan mengusung tema “Ayo Ayah dan Bunda, Bacakan Aku Buku Cerita” tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia.

“HIMPAUDI mengambil bagian dari apa yang telah diwacanakan oleh Kemendikbud, untuk terus menggelorakan semangat membaca bagi anak melalui peran serta orangtua sebagai pembimbing dan juga pemberi nasehat,” jelasnya.

Rustam mengatakan, membaca buku seperti membuka cakrawala jendela dunia. Dengan membaca buku juga bisa melihat, mengetahui dan memahami apa saja yang terkandung di dalamnya. Sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan pola pikir anak.

Kegiatan ini juga bertujuan bagaimana meningkatkan kolaborasi orangtua dalam memberikan edukasi membacakan buku pada anak. Dengan begitu, harapan bisa menghasilkan generasi emas ke depan tercapai.

Rustam menjelaskan, Gernas Baku menjadi program pendidikan yang sangat penting dilakukan dan perlu dilaksanakan secara intens. Karena sudah menjadi kewajiban orangtua, membacakan buku untuk anaknya meskipun hanya 10 hingga 15 menit.

“Dengan membacakan buku cerita, dongeng, tokoh inspiratif hingga buku lainnya, maka smembangun hubungan kedekatan emosional juga akan membentuk karakter anak sejak usia dini,” tandasnya.

Rustam menambahkan, setelah melaksanakan agenda Gernas Baku tersebut. Direncanakan pada bulan Agustus mendatang pihaknya pada memperingati HUT HIMPAUDI ke-12 akan menggelar sejumlah agenda.

Di antaranya penghargaan bagi kepala sekolah yang terus mengukir berbagai prestasi, kemudian penghargaan kepada guru yang berdedikasi, lalu penghargaan kepada pemerintah daerah atas dukungan memajukan dunia pendidikan dan penghargaan pada Bunda PAUD atas ide dan gagasannya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru