PKM Bolo Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekerangan Rumah, Taman Obat Keluarga

Kabupaten Bima, Kahaba.- Ingin memberi contoh positif agar masyarakat memanfaatkan pekerangan rumah dengan menanam tanaman obat, Puskesmas Bolo membuat Taman Obat Keluarga (TOGA).

Pegawai Puskesmas Bolo sedang menanam di Taman Obat Keluarga. Foto: Yadien

Taman tersebut sengaja dibuat agar menjadi contoh positif bagi masyarakat, bahwa pekerangan rumah bisa digunakan untuk menanam sejumlah tanaman yang bisa dijadikan obat.

“Kami ajak masyarakat melakukan ini di rumahnya masing-masing,” katanya, Sabtu (27/7).

Menurut dia, dengan membuat kebun tanaman obat, masyarat tidak langsung datang ke puskesmas atau minum obat-obat yang memiliki kandungan zat kimia, namun bisa mengolah tanaman-tanaman tersebut untuk dijadikan obat.

“Kebiasan mengosumsi obat kimia itu harus dikurangi,” katanya.

Ia membeberkan, di kebun yang ukuran kecil tersebut, pihaknya menanam banyak jenis tanaman. Di antaranya, kunyit putih, bidara, sere, aloivera, seledri, pepaya, pare, sirsak, jarak, tomat, cabe dan bawang.

“Taman-taman tersebut bisa diolah menjadi obat yang berfungsi mengobati beberapa penyakit,” bebernya.

Nurjanah mengungkapkan, pembuatan Kebun Tamanan Obat Keluarga (TOGA) belum rampug dilakukan, masih ada banyak taman yang akan ditanami dan akan dilabeli pada masing-masing tanaman tersebut seperti manfaat dan dapat mengobati penyakit jenis apa.

“Masing-masing poho dan tanaman akan kami beri keterangan manfaatnya nanti,” ungkapnya.

*Kahaba-10

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *