oleh

Tingkatkan Pelayanan, DPRD Kota Bima Luncurkan Layanan SIAP PAK

-Kabar Bima-4 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.-  Dalam rangka meningkatkan pelayanan untuk masyarakat, Sekretariat DPRD Kota Bima melalui Bagian  Umum, Humas dan Protokol Setwan DPRD Kota Bima meluncurkan layanan yang diberi nama SIAP PAK.

Kabag Umum, Humas dan Protokoler Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Kota Bima yang baru Syahrial Nuryadin. Foto: Ist

Layanan tersebut memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin menyampaikan aduan dan aspirasinya kepada lembaga DPRD Kota Bima. bentuknya, berupa sistem informasi Pelayanan pengaduan, Aspirasi dan Konsultasi atau disingkat SIAP PAK.

“SIAP PAK merupakan layanan informasi publik yang berbasis Website dan Whatsup yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat dalam memperoleh informasi yang cepat dan akurat,” jelas Kabag Umum, Humas dan Protokol Setwan DPRD Kota Bima Syahrial Nuryadin, Senin (29/7).

Ia mengakui, selama ini pihaknya temui di lapangan bahwa masyarakat kebanyakan belum mengetahui kemana mereka harus melapor dan menyampaikan aduan. Kemudian sulitnya akses, waktu dan biaya, terkadang membuat masyarakat harus datang jauh-jauh ke Kantor DPRD Kota Bima untuk memperjuangkan apa yang menjadi harapan dan keinginan.

Apalagi tidak jarang masyarakat sampai harus melakukan aksi untuk menyampaikan apa yang menjadi aduan dan aspirasi mereka. Oleh karena itu, pihaknya mencoba membuat program yang memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi, serta menyampaikan berbagai macam aduannya.

Program Layanan SIAP PAK. Foto: Ist

“SIAP PAK merupakan program yang sangat sederahana, murah, cepat, dan sangat mudah. Dalam layanan ini mencakup 3 hal, antara lain aduan, aspirasi dan konsultasi,” sebutnya.

Untuk cara kerjanya jelas Syahrial, masyarakat hanya tinggal mengirimkan aduan mereka pada aplikasi konten pengaduan masyarakat yang tertera pada Website. Seluruh aduan yang masuk akan dikelola oleh admin, melalui program yang dinamakan 3M, yaitu menerima, menganalisa dan meneruskan.
Seluruh aduan ini akan tertampil dilayar admin, dan akan langsung diakses oleh seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kota Bima. Begitupun aduan yang sedang dan telah terselesaikan, semuanya akan terlihat, dengan begitu kinerja DPRD Kota Bima dapat diukur.

“Kami berharap dengan adanya layanan ini dapat juga meningkatkan peran serta dan partisipasi masyarakat dalam membangun daerah ini. Ke depan juga layanan ini akan terus kami kembangkan, menjadi sebuah aplikasi yang Insha Allah dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Kota Bima,” tandasnya.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru