Kabar Bima

Lakpesdam PCNU Bima Gelar Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah

190
×

Lakpesdam PCNU Bima Gelar Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Lakpesdam PCNU Kabupaten Bima menggelar pelayanan terpadu Itsbat nikah di Desa Oi Bura Kecamatan Tambora Kabupaten Bima, Selasa (30/7). Kegiatan ini juga ikut menggandeng Pengadilan Agama Bima, Kementerian Agama Kabupaten Bima dan Dinas Dukcapil Kabupaten Bima.

Lakpesdam PCNU Bima Gelar Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah - Kabar Harian Bima
Pelayanan Terpadu Isbat Nikah yang dilaksanakan Lakpesdam PCNU Bima. Foto: Ist

Project Officer (PO) Rahmad Hidayat menyampaikan, pelayanan terpadu Itsbat nikah digelar dalam rangka pembuatan buku nikah dan akta kelahiran anak. Selain itu juga dirangkaikan dengan pelayanan pembuatan identitas kependudukan lainnya oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Bima yakni berupa foto KTP, pembuatan KK dan Akta Kelahiran.

Lakpesdam PCNU Bima Gelar Pelayanan Terpadu Itsbat Nikah - Kabar Harian Bima

“Kegiatan ini sangat membantu. Selain itu menjadi jawaban atas kebutuhan warga Desa Oi Bura yang selama ini terkendala jarak yang terlampau jauh dari lokasi Instansi Publik seperti PA dan Dukcapil. Tidak hanya itu, warga pun enggan mengurus identitas hukum mereka karena anggapan birokrasinya berbelit-belit dan berbiaya mahal,” paparnya.

Kata dia, kegiatan yang dilangsungkan di Kantor Desa Oi Bura diikuti sebanyak 29 pasangan suami-istri yang telah disahkan dan sekaligus diterbitkan ratusan dokumen kependudukan untuk warga desa tersebut.

Sementara itu, Comunity Officer (CO) Agus Riawan menyatakan, pelayanan ini akan berlanjut hingga Rabu besok di kantor Camat Tambora, untuk pelayanan seluruh masyarakat Kecamatan Tambora yang ingin mengurus identitas kependudukan.

Selama ini, warga setempat kesulitan untuk mendapatkan akte anak dan dokumen kependudukan lain lantaran tidak memiliki buku nikah. Atas dasar itu, melalui Program Peduli, Lakpesdam PCNU Kabupaten Bima melaksanakan kegiatan pelayanan terpadu untuk meringankan beban masyarakat Oi Bura.

“Mudah-mudahan di tahun berikutnya Lakpesdam PCNU Kabupaten Bima dapat melakukan kegiatan yang sama untuk desa-desa lainnya di Kecamatan Tambora,” harapnya.

*Kahaba-07