oleh

Ikut Pemuda Pelopor, Pendiri Sarangge Baca Dinilai Tim Provinsi NTB

-Kabar Bima-10 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pendiri Taman Baca Masyarakat (TBM) Sarangge Baca Bima Adipati dinilai oleh tim penilai lomba pelopor tingkat Provinsi NTB, Kamis (1/8).

Proses penilaian dan wawancara oleh tim penilai pemuda pelopor Provinsi NTB. Foto: Yadien

Pendiri TBM Sarangge Baca Bima Adipati mengatakan, ia saat ini sedang mengikuti seleksi pemuda pelopor di bidang pendidikan. Sebelum ini, dinilai oleh tim penilai Kabupaten Bima dan dinyatakan lolos.

“Saya lolos mewakili Kabupaten Bima di provinsi,” ungkapnya.

Kata dia, inisiasi dan inovasi pengembangan kesadaran literasi dengan memanfaatkan sarangge-sarangge sebagai tempat pertukaran Informasi dikampung-kampung yang sangat strategis untuk mengembangkan kesadaran membaca lebih khusus pembentukan kesadaran membaca dan karakter anak, membuat ia lolos mewakili Kabupaten Bima di tingkat provinsi.

“Inovasi ini untuk mewujudkan Mbojo membaca, kampung literasi, desa pendidikan untuk mendukung Kabupaten Bima sebagai Kampung Literasi,” katanya.

Selain itu, indikator lain yang membuatnya lolos di tingkat Kabupaten Bima yaitu ketekunannya menginisiasi pembentukan komunitas literasi di beberapa desa dan kampung-kampung, seperti Anak Buku Comunity (ABC) di Desa Tangga dan Salaja Baca di Desa Timu.

Wakil tim penilai lomba pemuda pelopor Provinsi NTB Harun Arrasyid mengatakan, pendiri Sangge Baca merupakan satu-satunya perwakilan bidang pendidikan dari Kabupaten Bima yang lolos seleksi pemuda pelopor provinsi NTB.

“Satu daerah itu memang satu perwakilan,” ujarnya.

Menurut dia, pendiri Sarangge Baca akan bersaing dengan 4 orang lain yang mewakili kabupaten-kabupaten di NTB.

“Nanti mereka akan dinilai dan akan diambil 1 orang yang memenuhi kriteria,” katanya.

Ia menjelaskan, peserta yang dinyatakan lolos pada seleksi tingkat provinsi, nanti akan mengikuti seleksi tingkat nasional mewakili provinsi NTB.

*Kahaba-10

Komentar

Kabar Terbaru