Dinas Pertanian Sebar 54 Personil untuk Periksa Hewan Kurban

Kota Bima, Kahaba.- Kepala Seksi (Kasi) Kesmavet Pengolahan dan Pemasaran Hasil Dinas Pertanian Kota Bima Cahyadi mengungkapkan, saat ini pihaknya telah mempersiapkan secara matang untuk pemeriksaan hewan menjelang Idul Adha tahun 2019 yang jatuh pada hari Senin, (11/8).

Kasi Kesmavet Pengolahan dan Pemasaran Hasil Dinas Pertanian Kota Bima Cahyadi. Foto: Hardi

“Untuk saat ini kami melaksanakan pra idul kurban seperti pemeriksaan hewan yang ada di pasar hewan atau di tempat yang menjual hewan kurban, apakah layak dikurbankan atau tidak,” ujar Cahyadi, Kamis (1/8).

Kata dia, sejauh ini Dinas Pertanian Kota Bima sudah menyiapkan sekitar 54 orang personil yang akan disebarkan di seluruh kelurahan yang ada di Kota Bima. Itu diupayakan untuk melancarkan kegiatan idul kurban nanti.

“Kehadiran personil tersebut bertujuan untuk melakukan pemeriksaan hewan ternak yang akan dikurbankan, baik sebelum idul kurban atau sesudahnya,” jelasnya.

Mengenai kriteria hewan kurban, disebutkannya hewan yang akan dikurbankan harus berusia 2 tahun, jantan, tidak cacat fisik, sehat, dan terutama gemuk.

Pihaknya pun telah melayangkan surat di SKPD, swasta, Bank, sekolah, dan terpenting di para lurah agar bisa mendata hewan -hewan apa saja yang akan dikurbankan. Selain itu juga pihaknya akan memantau berapa hewan yang akan dikurbankan.

Sebelum itu sambungnya, Walikota Bima juga telah menyampaikan imbauan agar pemotongan hewan kurban dilakukan oleh Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Asakota.

” Yang memiliki RPH di NTB inikan hanya 2 saja, yakni di banyumulek – Lombok dan di Kota Bima, jadi gunakan tempat tersebut sesuai arahan Walikota Bima,” tuturnya.

*Kahaba-07

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *