oleh

310 Siswa Yaa Bunayya dan Lukman Al Hakim Diajari Proses Ibadah Haji

-Kabar Bima-3 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 310 siswa TK, PAUD Yaa Bunayya dan SD Integral Lukman Al-Hakim mengikuti manasik haji, di Paruga Nae Convention Hall, Sabtu (3/8). Kegiatan rutin setiap tahun itu juga diikuti oleh orang tua dan wali murid.

Manasik Haji yang diikuti siswa Yaa Bunayya dan Lukman Al hakim. Foto: Hardi

Kepala Sekolah SD Integral Lukman Al-Hakim, Usman Kadir mengungkapkan, setiap menjelang Hari Raya Idul Adha, pihaknya selalu memberi pemahaman keagamaan tentang haji untuk siswa-siswi. Salah satunya dengan melaksanakan manasik haji.

“Tujuan kegiatan ini adalah memperkenalkan sejak dini bagaimana pentingnya rukun Islam yang kelima tersebut, supaya bisa dipahami secara baik oleh siswa,” ujar Usman.

Pihak sekolah sengaja memilih bulan Dzulhijah sebagai waktu pelaksanaan kegiatan tersebut, karena bertepatan dengan bulan haji.

“Kegiatan ini kita laksanakan karena memang SD dan TK integral adalah sekolah yang berbasis agama. Nilai-nilai religi itu perlu kiranya diutamakan,” beber Usman.

Ia menuturkan, siswa terlihat antusias mengikuti proses menunaikan rukun Islam tersebut. Dengan menggunakan kain ikhrom, siswa mengikuti tata cara dari bimbingan guru pengajar.

Tidak hanya praktek tawaf dan mengelilingi Ka’bah saja, siswa juga diberikan pelatihan wukuf di Arafah, melempar jumrah dan Sa’i atau berlari-lari kecil antara Bukit Safa dan Marwa, dengan miniatur hampir serupa asli di lokasi.

Sementara itu, kakek salah satu siswa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut yakni H. Abdul Farid mengungkapkan perasaan senangnya dengan adanya kegiatan semacam ini.

“Kami selaku orang tua, tentu mengharapkan yang terbaik buat anak-anak kami. Kegiatan sangat bernilai edukasi dan kami harapkan ini dapat dilakukan setiap tahun,” ujar Abdul Hafid.

*Kahaba-07

Komentar

Kabar Terbaru