Dari Sampah, DLH Pamerkan Hasil Karya Bernilai Ekonomis

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima memamerkan berbagai macam karya dari bekas sampah, di Pameran Pembangunan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Kota Bima di Lapangan Serasuba, Rabu (7/8).

Suasana stand DLH Kota Bima saat dikunjungi warga. Foto: Bin

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup H  Abdul Gawis menyampaikan, ada banyak macam karya yang dibuat kelompok Bank Sampah dari beberapa kelurahan, baik dari Kelurahan Sarae, Melayu, Pane, Rontu dan Kelurahan Manggemaci.

Dari botol bekas minuman, kelompok bang sampah dan kelompo rumah kreatif dari Rabadompu bisa membuat barang bernilai ekonomis, seperti tempat penyimpanan tisu, bingkai foto, tempat minuman hingga tempat menyimpan kue kering.

“Di sini kami juga menyajikan SOP pengelolaan persampahan pada para pemerhati sampah,” ujarnya.

Kata Gawis, di tempat pameran sudah disediakan berbagai macam bekas sampah, mulai dari bekas koran, bekas gelas plastik dan berbagai macam barang bekas lain. Bagi publik yang bisa membuat karya yang bagus dan bernilai ekonomis, pihaknya akan memberikan penghargaan sesuai dengan standar karya yang dibuat.

“Ini sebagai bentuk dorongan, agar masyarakat bisa menjadikan barang yang tidak memiliki harga menjadi barang yang bernilai ekonomis,” katanya.

Untuk membantu pengetahuan tentang karya itu, DLH akan menghadirkan kelompok rumah kreatif dan komunitas Bank Sampah masing-masing kelurahan tiap harinya. Meraka akan mengajarkan pada warga yang berkunjung di stand DLH untuk mendaur barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai.

*Kahaba-05

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *