oleh

Dinas Kominfo Ajak Stop Hoax di Pameran Pembangunan

-Kabar Bima-0 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kota Bima mengisi puluhan stand Pameran Pembangunan, di Lapangan Serasuba. Tiap stand pun menampilkan sejumlah program utama dan mensosialisasikan kinerja yang dijalankan selama ini.

Staf dan pegawai Dinas Kominfo Kota Bima saat foto bersama di dapan stan Pameran Pembangunan. Foto: Bin

Seperti yang ditampilkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bima. Pada kesempatan itu mengajak warga Kota Bima dan pengunjung pameran untuk berhenti menyebarkan konten dan informasi sesat dan hoax.

Menurut Sekretaris Dinas Kominfo Kota Bima Ahmadin, penyebaran berita bohong, fitnah atau yang memecah belah kehidupan masyarakat sangat mudah dilakukan. Karena pengaruh teknologi juga, masyarakat cenderung susah untuk memilah mana yang benar – benar berita dan informasi baik, dan mana hoax.

“Untuk itu kami mengkampanyekan stop hoax di pameran ini, agar masyarakat dan pengunjung juga bisa paham jika hoax akan membawa ancaman yang berbahaya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” tegasnya, kemarin.

Kata Ahmadin, mudahnya masyarakat atau nitizen menyebarkan konten negatif juga dipengaruhi karena masih kurangnya pemahaman tentang informasi. Sehingga kebohongan yang dikemas dengan sedemikian rupa, akan terus tersalurkan secara terus menerus.

“Maka perlu kami juga ingatkan, dinamika informasi di media sosial juga teliti dan dipahami betul, sebelum dibagikan,” katanya.

Dengan keberadaan stand Kominfo di Pameran Pembangunan ini, pihaknya selaku pemerintah mengajak seluruh masyarakat Kota Bima untuk berhati – hati menyebarkan sesuatu informasi. Pastikan terlebih dahulu konten yang dikonsumsi jelas dan akurat, baru dibagikan. Jika tidak, urungkan niat untuk menjadi bagian memprovokasi keadaan dan turut menyebarluaskan setiap infromasi bohong secara berulang – ulang. Karena itu sangat berbahaya.

Diakui Ahmadin juga, pada stand Kominfo Kota Bima juga banyak pengunjung yang datang dan berdiskusi tentang kampanye stop hoax tersebut. Ia kembali berharap, setiap informasi yang diperoleh pada stand tersebut bisa dibagikan, agar pesan dan kampanye ini juga tersampaikan.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru