oleh

Ketua LLDIKTI Wilayah VIII Beri Kiat Jadi Dosen Profesional

-Kabar Bima-6 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Ketua LLDIKTI Wilayah VIII, I Nengah Dasi Astawa mengungkapkan kiat-kiat jadi dosen profesional, saat seminar penguatan kelembagaan dan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menyongsong Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Bima-Dompu yang berdaya saing menghadapi era 4.0, kemarin di Kampus STIE Bima.

Ketua LLDIKTI Wilayah VIII, I Nengah Dasi Astawa saat berbagi kita menjadi dosen profesional. Foto: Ist

Profesor itu menekankan agar dosen meningkatkan profesional. Profesional dicapai jika dosen melaksanakan tridarma perguruan tinggi.

“Kalau ingin menjadi dosen profesional, kuncinya adalah melaksanakan tridarma perguruan tinggi,” tegasnya.

Menurut dia, dosen yang tidak melaksanakan tridarma perguruan tinggi adalah dosen yang telah mati. Hanya saja dikuburkan 30-40 tahun kemudian. Karena jasadnya tidak mati, tapi profesionalitasnya telah mati.

“Jadi kalau tidak ingin disebut mati, maka laksanakan tridarma perguruan tinggi,” ucapnya.

Apalagi saat ini, para dosen dihadapkan dengan perkembangan zaman yang sangat pesat. Sehingga dosen harus menjadi luar biasa. Sebab, jika menjadi dosen biasa-biasa saja, maka akan dilindas zaman. Misalnya dalam mengajar, maka akan diungguli mahasiswa yang menguasai IPTEK.

“Apabila dosen tidak kuasai IPTEK, bisa dipermalukan mahasiswa yang paham IPTEK,” ujarnya.

Kegiatan tersebut pun dimanfaatkan dengan sangat baik oleh peserta kegiatan seminar untuk bertanya banyak hal.

Di tempat yang sama, Ketua STIH Bima Gufran mengatakan kegiatan tersebut merupakan hasil inisiator seluruh PTS Bima Dompu. Itu terinspirasi setelah mengikuti kegiatan dengan pembicaraan ketua LLDIKTI Wilayah VII.

“Saya sangat tertarik dengan penyampaian pak Prof Tengah Dasi Astawa. Karena menarik dan rugi jika saya saja yang mendengarkan, maka kami inisiasi kegiatan ini agar seluruh dosen di Bima dan Dompu langsung mendapatkan ilmu dari sumber aslinya,” ungkap Gufran.

Lebih-lebih karena Kepala LLDIKTI Wilayah VII itu sangat mudah untuk diajak komunikasi. Sehingga dia yakin, kegiatan itu bisa dilaksanakan dan diikuti lebih kurang 300 dosen yang tersebar di seluruh PTS di Bima Dompu.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua STIE Bima, Firdaus. Ia mengungkapkan rasa bangganya dengan terselenggaranya kegiatan ini. Lebih-lebih dihadiri oleh ratusan dosen.

Pria yang dipercayakan sebagai ketua panitia itu pun berharap, kegiatan itu dapat meningkatkan profesional dosen. Terutama dalam melaksanakan tridarma perguruan tinggi.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjadi nilai tambah bagi dosen Bima dan Dompu untuk meningkatkan profesional,” harapnya.

Kegiatan seminar tersebut dipimpin Ketua STISIP Bima Muhlis. Dirinya juga berharap peserta kegiatan mengambil banyak pelajaran dari yang disampaikan Ketua LLDIKTI Wilayah VIII.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru