oleh

Baznas Bagikan Daging Kurban Untuk 2 Ponpes dan 14 Kelurahan

-Kabar Bima-0 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima membagikan daging kurban di 2 Pondok Pesantren (Ponpes) dan 14 Kelurahan dari 5. Daging kurban diserahkan secara simbolis di halaman kantor setempat, Senin (12/8).

Baznas Kota Bima saat menyerahkan secara simbolis daging qurban kepada perwakilan kelurahan. Foto: Eric

Ketua Baznas Kota Bima H Abakar Haris menyampaikan, pemberian daging kurban itu merupakan bagian dari menjaga nilai-nilai keislaman dan semangat dalam berkurban seperti kisah Nabi Ibrahim Alaihisallam (As) dan Nabi Ismail alaihisallam (As).

“Di hari raya Idul Adha ini bagaimana kita mengorbankan apa yang kita cintai dan miliki. Ini bermula dari perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya Ismail,” ujarnya.

Haris menceritakan, setelah menerima perintah itu, Nabi Ibrahim lalu menyampaikan kepada Ismail. Putra tersayangnya itu lalu menyetujui. Tapi saat akan disembelih, Allah mengganti dengan seekor ternak.

“Kisah ini Allah hendak menguji ketaatan Ibrahim, dan kisahnya terdapat dalam Al Quran surat Ash-Shaffat ayat 103-107,” katanya.

Kurban kata Haris, bermakna pengorbanan pada sesuatu yang dicintai. Harta yang dimiliki dengan berkurban, maka dapat menjadikan seorang muslim menjadi istiqomah dan ikhlas. Karena memberikan sebagian hartanya, untuk dibagikan kepada orang-orang di sekitar.

“Berkurban dapat menyucikan diri dan harta. Dengan berkurban pula, rasa kasih sayang kita dan peka terhadap sesama bisa semakin baik,” tandasnya.

Haris menambahkan, untuk memudahkan distribusi daging kurban. Pihaknya telah membentuk tim yang akan membagikan kepada 14 kelurahan dan 2 ponpes.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru