Rutan Bima Kurban 4 Ekor Sapi dan Kambing

Kota Bima, Kahaba.- Kepala Rutan Kelas 2B Bima H Abdul Halik mengatakan, momentum Hari Raya Idul Adha 1440 H juga menyembelih hewan kurban sebanyak 4 ekor. 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

Kepala Rutan Kelas 2B Bima H Abdul Halik. Foto: Hardi

“Hewan kurban yang disembelih kemarin itu adalah bantuan dari Pemerintah Kota Bima dan Pemerintah Kabupaten Bima. Kedua pemerintah itu masing-masing 1 ekor sapi, sementara 2 ekor kambing bantuan PLN dan hamba allah,” ujar H Khalik, Senin (12/8) di ruangannya.

Usai penyembelihan hewan kurban, dagingnya dibagi kepada para penghuni rutan dan pegawai rutan sebanyak 400 orang. Kurban tahun juga tidak jauh berbeda dengan tahun yang lalu.

“Sebanyak 350 orang tahanan di sini tentu mendapatkan semua, ” jelasnya.

Kata dia,  kendati saat penyembelihan hewan kurban tidak dihadiri Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima, namun partisipasi pemerintah berupa bantuan hewan kurban sudah menjadi bagian dari kepedulian mereka terhadap para tahanan.

Selain itu, Halik juga mengungkapkan kebiasaan para tahanan saat berada di dalam rutan. Sejauh ini telah banyak perubahan sikap dan kebiasaan.

“Ada tahanan yang sudah hafal sampai 15 juz,  sebagiannya ada yang sudah bisa mengaji padahal sebelumnya sama sekali tidak tahu,” ungkapnya.

Ia berharap di hari yang baik ini,  para tahanan dapat menjadi pribadi yang lebih baik ke depan, serta dapat terhindar dari perilaku buruk sebelumnya.

*Kahaba-07

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *