Kabar Bima

Tidak Ada Papan Informasi, Pembangunan Pustu Nggembe Disorot Warga

242
×

Tidak Ada Papan Informasi, Pembangunan Pustu Nggembe Disorot Warga

Sebarkan artikel ini

Kabupate Bima, Kahaba.- Pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Rada Kecamatan Bolo mendapat sorotan warga. Pembangunan Pustu tersebut dinilai tidak transparan karena tidak memasang papan informasi pengerjaan.

Tidak Ada Papan Informasi, Pembangunan Pustu Nggembe Disorot Warga - Kabar Harian Bima
Pustu Nggembe yang sudah dirobohkan. Foto: Yadien

Warga Desa Nggembe Fuad mengatakan, pembangunan Pustu tersebut tidak mencerminkan azas keterbukaan informasi publik, karena pihak pelaksana tidak memasang papan informasi sebagai acuan untuk mengetahui sumber anggaran, limit waktu pekerjaan, besar anggaran dan lain sebagainya.

Tidak Ada Papan Informasi, Pembangunan Pustu Nggembe Disorot Warga - Kabar Harian Bima

“Mestinya pelaksana transparan menggunakan anggaran yang bersumber dari negara, kecuali dia menggunakan dana pribadi, silahkan kerjakan semaunya dia,” sorotnya, Rabu (14/8).

Tidak hanya itu, bahkan warga tersebut tidak mengetahui siapa pelaksana pembangunan Pustu tersebut. Padahal Pustu yang lama sudah dirobohkan dan pembangunan sedang dilakukan.

“Kantor Pustu yang lama sudah dirubuhkan sejak empat hari lalu. Bahkan sudah digali fondasi,” katanya.

Ia menjelaskan, lokasi Pustu tersebut memang di wilayah hukum Desa Rada. Tapi hingga saat ini masih menggunakan nama Pustu Nggembe, karena pembangunan Pustu yang lama sebelum Desa Nggembe mekar dengan Rada.

Warga Desa Rada Ruslin membenarkan bahwa Pustu tersebut sudah dirobohkan dan sekarang tahap gali pondasi. Namun terkait sumber anggaran dan lain sebagainya dia mengaku tidak tahu.

“Saya juga tidak mengetahui siapa pelaksana pembangunan Pustu. Kalau mau lebih jelas, coba hubungi pihak Pemdes Rada atau Nggembe,” sarannya.

Sementara itu, pihak pelaksana belum bisa dihubungi karena tidak ada di lokasi, namun tetap diupayakan untuk dikonfirmasi.

*Kahaba-10