Kabar Bima

Dinas Ketahanan Pangan Gelar Lomba Menu Makanan Bergizi

221
×

Dinas Ketahanan Pangan Gelar Lomba Menu Makanan Bergizi

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima melaksanakan lomba Cipta Menu Makanan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) di depan Kantor Wakikota Bima, Kamis (15/8) sekitra pukul 09.00 Wita.

Dinas Ketahanan Pangan Gelar Lomba Menu Makanan Bergizi - Kabar Harian Bima
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Syamsuddin saat menyampaikan sambutan pada acara Lomba Menu Makanan Bergizi. Foto: Deno

Kegiatan yang dibuka Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan dan dihadiri Sekda Kota Bima serta para pimpinan SKPD itu dilaksanakan di depan kantor Walikota Bima.

Dinas Ketahanan Pangan Gelar Lomba Menu Makanan Bergizi - Kabar Harian Bima

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima Syamsuddin menyampaikan, kegiatan ini merupakan implementasi dari Peraturan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal dan
Peraturan Menteri Pertanian Nomor 43 Tahun 2009 tentang Gerakan Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal.

“Lomba ini dikuti peserta dari utusan TP PKK kelurahan se-Kota Bima. Tapi hanya satu Kelurahan yang tidak ikut, yaitu Kelurahan Matakando,” ujarnya.

Menurut Kadis, kondisi masyarakat saat ini berdasarkan analisa, skor PPH pada tahun 2018 baru mencapai 80,9 persen. Sedangkan sasaran yang harus dicapai berdasarkan RPJMD Kota Bima pada tahun 2023 nanti harus mencapai 92,8 persen.

Untuk itu, kegiatan seperti ini akan dilaksanakan tiap tahun, untuk pendorong masyarakat membiasakan konsumsi makanan yang bergizi.

Dinas Ketahanan Pangan Gelar Lomba Menu Makanan Bergizi - Kabar Harian Bima
Wakil Walikota Bima bersama Sekda saat meninjau makanan pada Lomba Menu Makanan Bergizi. Foto: Deno

“Ini merupakan kegiatan tahunan yang akan dilaksanakan tiap tahun, bagi para juara lomba akan diberikan hadian jutaan rupiah,” ungkapnya.

Syamsuddin menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan pada masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang serta aman. Di samping itu, dengan adanya lomba ini, akan tumbuh kreativitas masyarakat umumnya dan keluarga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan menu makanan yang B2SA bagi anggota keluarganya.

“Mari kita biasakan keluarga dan masyarakat untuk gemar memanfaatkan pangan lokal yang kaya akan sumber gizi,” ajaknya.

Kadis juga mengimbau agar masyarakat menanfaatkan setiap jengkal pekarangan untuk sumber pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman serta tingkatkan konsumsi buah dan sayuran segar sebagai sumber vitamin dan mineral.

*Kahaba-05