Kabar Bima

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Dapat DAK Rp 10 Miliar

279
×

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Dapat DAK Rp 10 Miliar

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Tahun ini Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Lembaga Perpustakaan Nasional RI, untuk membangun gedung Perpustakaan Umum Daerah yang representatif.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Dapat DAK Rp 10 Miliar - Kabar Harian Bima
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah H Mahfud. Foto: Eric

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah H Mahfud menyampaikan, keberhasilan mendapatkan anggaran DAK tersebut berkat lobi Walikota Bima bersama Bappeda dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Dapat DAK Rp 10 Miliar - Kabar Harian Bima

“Alhamdulillah setelah pembahasan bersama Lembaga Perpustakaan Nasional RI, Kota Bima mendapat anggaran DAK mencapai Rp 10 miliar,” ujarnya, Selasa (20/8).

Mahfud menuturkan, berdasarkan desain, bangunan itu rencananya dibangun 3 lantai. Lantai 1 menjadi tempat parkir, sedangkan lantai 2 dan 3 ruang pelayanan dan ruang baca.

Tujuan dibangunnya gedung perpustakaan jelasnya, selain menambah daya tampung pembaca yang setiap tahunnya terus meningkat. Juga dapat memberikan peminat baca kemudahan dan kenyamanan, karena fasilitasnya memadai.

Untuk mendukung percepatan pembangunan gedung perpustakaan itu, pihaknya menyiapkan lokasi di eks kantor Dinas Pertambangan Kabupaten Bima. Lokasi tersebut dipilih karena berada di tengah kota sehingga memudahkan masyarakat untuk mengaksesnya.

“Lokasi pembangunan gedung tepat sebelah utara Taman Ria,” sebutnya.

Mahfud menambahkan, pihaknya juga mendapat kucuran dana Rp 200 juta untuk pengadaan buku baru, sebagai bahan bacaan yang beragam dan mendapatkan bantuan 3.000 buku baru.

*Kahaba-04