Buka Kemah Bhakti Pramuka, Asisten III: Pelajar Bagian Dari Perekat NKRI

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka memperingati HUT ke-58 Bhakti Pramuka dan meningkatkan pembinaan generasi pelajar yang berkarakter, Kwarcab Pramuka Kota Bima menyelenggarakan Kemah Bhakti Pramuka persaudaraan, selama 3 hari (1-3/8) di arena pacuan kuda Kelurahan Sambinae Kecamatan Mpunda.

Foto bersama Asisten III H Sukri bersama pemenang lomba Gerak Jalan Indah di lokasi perkemahan. Foto: Eric

Kegiatan  dengan tema “Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI” diikuti 720 peserta dan dihadiri Asisten III Setda Kota Bima H Sukri, Sekretaris Kwarcab Pramuka Yun Kamaruddin, Ketua Panitia Kemah Bhakti Pramuka Hj Rohani Makarau serta Kepala SD, SMP dan SMA sederajat se-Kota Bima.

Sukri saat membuka kegiatan menyampaikan, pemerintah ingin mengajak semua masyarakat terutama para pelajar sebagai generasi bangsa, untuk terus membangkitkan rasa cinta tanah air serta menjaga rasa nasionalisme.

“Melalui kemah bhakti pramuka ini, maka pembentukan karakter dan disiplin pelajar akan tertanam dengan baik,” ujarnya.

Menurut dia, kegiatan inipula merupakan bagian dari aplikasi dan amanat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang gerakan pramuka, sebagai sarana untuk mendidik, membina watak, keterampilan, kreatifitas, kepribadian dan jati diri serta cinta terhadap Indonesia.

“Mari kita jaga kebersamaan dan rasa persatuan dalam suasana bhineka tunggal ika,” katanya.

Mantan Kepala Dinas Pariwisata menambahkan, dengan semakin maju dan berkembangnya zaman serta tekhnologi, pemerintah saat ini tengah berupaya untuk terus melawan peredaran narkoba, terorisme hingga upaya-upaya untuk memecah belah persatuan.

Untuk itu dirinya mengajak semua elemen pembina pramuka, untuk terus melakukan pembinaan kedisiplinan dan pembentukan karakter terhadap pelajar. Karena saat ini, banyak pihak yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan pelajar, sebagai bagian untuk memuluskan perbuatan yang tidak bertanggungjawab.

Usai upacara HUT Pramuka, pihak panitia juga mengumumkan pemenang juara lomba gerak jalan indah, untuk tingkat SD, SMP, SMA dan juga tenaga pendidik.

Untuk juara I Tingkat SD kategori putera berhasil dimenangkan oleh SDN 02 Kota Bima, kemudian peringkat ke-2 oleh SDN 05 Kota Bima dan peringkat ke-3 oleh SDN 19 Kota Bima.

Pada tingkat SMP, kategori puteri juara I diraih SMPN 1 Kota Bima, peringkat ke-2 oleh MTsN 1 Kota Bima dan peringkat ke-3 oleh SMPN 6 Kota Bima.

Sedangkan untuk tingkat kategori putera SMA, juara I berhasil diraih MAN 2 Kota Bima, peringkat ke-2 diraih oleh SMAN 1 Kota Bima dan peringkat ke-3 diraih oleh MAN 1 Kota Bima.

*Kahaba-04

Bagikan Berita:
Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *