oleh

Yang Melantik Dewan Ketua Pengadilan, Bukan Walikota Bima

-Kabar Bima-6 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Ketua DPRD Kota Bima Syamsurih meluruskan pernyataan yang disampaikan Sekretaris DPRD Kota Bima (Sekwan) tentang pelantikan para wakil rakyat terpilih untuk periode 2019 – 2024. (Baca. Walikota Bima Akan Melantik Anggota Dewan, Undangan Terbatas)

Ketua DPRD Kota Bima Syamsurih. Foto: Ist

Bahwa sesuai aturan, yang melantik Anggota DPRD Kota Bima itu bukan Walikota Bima, seperti yang diutarakan oleh sekwan beberapa hari lalu. Tetapi dilantik oleh Ketua Pengadilan Raba Bima, atau pejabat setempat yang mewakili.

“Bukan Walikota Bima atas nama Gubernur NTB yang melantik, tapi Ketua Pengadilan,” tegasnya, saat menghubungi media ini, Jumat pagi (6/9).

Menurut dia, berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Walikota dan DPRD itu ada mitra yang sejajar. Saat acara pelantikan nanti, Walikota Bima hanya menghadiri. Jika ada agenda pemberian sambutan, Walikota Bima juga menyampaikan sambutan.

Selain mengoreksi soal siapa yang melantik, Duta PAN itu juga meluruskan jika undangan saat pelantikan nanti, tidak terbatas. Warga diundang sebanyak – banyaknya. Hanya saja yang diperbolehkan untuk berada di dalam gedung, diatur oleh panitia pelaksana kegiatan.

“Tidak ada itu undangan dibatasi, diundang semua,” katanya.

Syamsurih menambahkan, yang disampaikan oleh sekwan tersebut merupakan kekhilafan. Ia memahami jika beberapa pekan terakhir sekwan memang sibuk dengan sejumlah agenda yang padat.

“Beliau (sekwan) juga habis mengikuti tes JPT, lelah juga. Banyak melayani kegiatan kantor yang begitu menyita waktu,” tambahnya.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru