Kabar Bima

Warga Rade Krisis Air Bersih, Pemerintah Diminta Segera Tangani

200
×

Warga Rade Krisis Air Bersih, Pemerintah Diminta Segera Tangani

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kekeringan dan krisis air bersih melanda warga Desa Rade Kecamatan Madapangga. Keadaan tersebut sudah berlangsung sejak 2 pekan yang lalu.

Warga Rade Krisis Air Bersih, Pemerintah Diminta Segera Tangani - Kabar Harian Bima
Warga Desa Rade Ilyas. Foto: Yadien

Warga Desa Rade Ilyas mengatakan, setiap tahun warga selalu mengalami kekeringan dan krisis air bersih. Namun tidak ada upaya serius dari pemerintah untuk mengatasi hal tersebut.

Warga Rade Krisis Air Bersih, Pemerintah Diminta Segera Tangani - Kabar Harian Bima

“Bayangkan saja, kondisi ini sudah berlangsung sejak 15 tahun yang lalu,” ujarnya, Selasa (10/9).

Harusnya kata dia, dengan potensi air yang ada di Kecamatan Madapangga, tidak ada alasan mengalami kekeringan. Namun hingga saat ini pemerintah tidak memiliki niat baik untuk mengatasinya dengan serius.

“Kan bisa membuat sumur bor atau sejenisnya untuk mengatasi kekeringan,” katanya.

Ia menjelaskan, beberapa waktu lalu pihak BWS pernah datang ke desa setempat dan mensurvei lokasi pembuatan sumur bor. Bahkan masyarakat telah memberikan dan mewakafkan tanah untuk dijadikan lokasi sumur. Namun hingga saat ini tidak ada tindak lanjut dari pemerintah.

Ilyas membeberkan, untuk memenuhi kebutuhan air, saat ini warga desa setempat mengambil air di masjid dan sejumlah rumah warga lain yang memiliki sumur bor pribadi.

“Kami minta tolong pemerintah buka mata dan bantu warga Rade,” pintanya.

Selain itu kata dia, warga berharap pemerintah agar segera berkoordinasi dengan PDAM untuk memperbaiki pipa air PDAM yang bocor sejak 2 pekan lalu.

*Kahaba-10