Panitia Tetapkan 5 Calon Kades Tambe

Kabupaten Bima, Kahaba.- Ketua Panitia Pilkades Tambe Syafruddin mengatakan, dari 6 bakal calon kepala desa Tambe yang mendaftarkan diri, hanya 5 orang yang ditetapkan sebagai calon. Sementara 1 di antaranya tereliminasi.

Panitia Pilkades Tambe bersama 6 Bakal Calon dan pemerintah Kecamatan Bolo serta keamanan usai penetapan. Foto: Yadien

“Mereka tersebut Yakni Zulkarnain, Chandra Nan Arif, Syamsuddin, Muh Tasrif dan Atalib. Bakal calon yang tereliminasi yakni Sudarmin Awad,” sebutnya, Rabu (11/9).

Kata dia, berdasarkan ketentuan dan aturan, apabila bakal calon Kades lebih dari 5 orang maka akan dilakukan seleksi tambahan melalui penilaian 3 kriteria, yakni kualifikasi usia, pendidikan dan pengalaman kerja. Dari penilaian tersebut Sudarmin Awad mendapatkan skor paling rendah.

“Setelah dikonversikan semuanya, Zulkarnain raih skor 89, Chandra Nan Arif raih skor 86, Syamsuddin raih skor 80, Muh Tasrif  80, Atalib  74 dan Sudarmin Awad hanya mendapat skor 66,” ungkapnya.

Dia menuturkan, selaku panitia pihaknya hanya melaksanakan aturan yang telah ditentukan dalam penetapan calon tersebut.

Ia mengakui, implikasi dari aturan tersebut banyak memangkas hak demokrasi warga untuk dipilih. Karena apabila lebih dari 6 orang bakal calon, maka dipastikan akan ada yang tereliminasi.

“Bagi kami ini ada pembatasan hak warga. Tapi mau gimana lagi kita hanya melaksanakan aturan yang diwajibkan,” bebernya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *