Kabar Bima

Panitia Tetapkan 5 Calon Kades Tambe

191
×

Panitia Tetapkan 5 Calon Kades Tambe

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Ketua Panitia Pilkades Tambe Syafruddin mengatakan, dari 6 bakal calon kepala desa Tambe yang mendaftarkan diri, hanya 5 orang yang ditetapkan sebagai calon. Sementara 1 di antaranya tereliminasi.

Panitia Tetapkan 5 Calon Kades Tambe - Kabar Harian Bima
Panitia Pilkades Tambe bersama 6 Bakal Calon dan pemerintah Kecamatan Bolo serta keamanan usai penetapan. Foto: Yadien

“Mereka tersebut Yakni Zulkarnain, Chandra Nan Arif, Syamsuddin, Muh Tasrif dan Atalib. Bakal calon yang tereliminasi yakni Sudarmin Awad,” sebutnya, Rabu (11/9).

Panitia Tetapkan 5 Calon Kades Tambe - Kabar Harian Bima

Kata dia, berdasarkan ketentuan dan aturan, apabila bakal calon Kades lebih dari 5 orang maka akan dilakukan seleksi tambahan melalui penilaian 3 kriteria, yakni kualifikasi usia, pendidikan dan pengalaman kerja. Dari penilaian tersebut Sudarmin Awad mendapatkan skor paling rendah.

“Setelah dikonversikan semuanya, Zulkarnain raih skor 89, Chandra Nan Arif raih skor 86, Syamsuddin raih skor 80, Muh Tasrif  80, Atalib  74 dan Sudarmin Awad hanya mendapat skor 66,” ungkapnya.

Dia menuturkan, selaku panitia pihaknya hanya melaksanakan aturan yang telah ditentukan dalam penetapan calon tersebut.

Ia mengakui, implikasi dari aturan tersebut banyak memangkas hak demokrasi warga untuk dipilih. Karena apabila lebih dari 6 orang bakal calon, maka dipastikan akan ada yang tereliminasi.

“Bagi kami ini ada pembatasan hak warga. Tapi mau gimana lagi kita hanya melaksanakan aturan yang diwajibkan,” bebernya.

*Kahaba-10