Sistem Black Out, Lampu Padam di Wilayah Sumbawa

Kota Bima, Kahaba.- terjadi padam total (black out) pada sistem kelistrikan Bima-Dompu, Kamis (12/9) pagi sekitar pukul 06.50 Wita. Penyebabnya, ada gangguan pada Jaringan Tegangan Menengah yang tertimpa pohon di wilayah Sape.

Petugas PLN saat memperbaiki sistem jaringan. Foto: Ist

Dengan kejadian tersebut, PT PLN UP3 Bima menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Dompu atas ketidaknyamanan tersebut.

PT PLN UP3 Bima melalui Bagian Administrasi Agung menyampaikan, akibat ganggguan sistem tersebut terjadi pemadaman secara tiba-tiba.

“Ini karena faktor black out, sehingga terjadi pemadaman. Bukan hanya wilayah Kota Bima, tapi Kabupaten Bima dan Dompu,” ujarnya.

Agung menuturkan, untuk kembali lancarnya pasokan listrik. Saat ini pihaknya terus berupaya bekerja untuk memulihkan kembali sistem kelistrikan.

“Tim kami terus bekerja memperbaiki, Inshaa Allah secara bertahap dan akan cepat normal kembali,” katanya.

Agung menambahkan, pengertian Black Out atau padam total adalah keadaan dimana hilangnya seluruh sumber tenaga pada suatu sistem tenaga listrik. Karena proses dibagi menjadi 3 bagian, yaitu pembangkitan, transmisi dan distribusi. Maka kehandalan tiap-tiap sistem harus dipertahankan dan dijaga, agar kontinuitas penyaluran tidak terganggu dan terhindar dari padam total.

“Diinformasikan pula pada pukul 08.57 Wita sistem kelistrikan Bima – Dompu telah normal seluruhnya,” tambah Agung.

*Kahaba

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *