oleh

Ini 4 OPD Kota Bima Dengan Capaian PAD Rendah

-Kabar Bima-10 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Terhitung hingga tanggal 31 Agustus tahun 2019, BPKAD Kota Bima mencatat ada 4 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) rendah.

Kepala Bidang Penagihan dan Keberatan BPKAD Kota Bima, M Natsir. Foto: Bin

4 OPD tersebut masing – masing, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima, Dinas PUPR Kota Bima, Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima.

Kepala Bidang Penagihan dan Keberatan BPKAD Kota Bima, M Natsir menguraikan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bima, dari target sebesar Rp 247 juta, realisasi baru mencapai Rp 69 juta atau 28,14 persen. Kemudian Dinas PUPR Kota Bima, realisasinya baru 412 juta lebih atau 38,49 persen, dari target Rp 1 miliar lebih.

Lalu Dinas Perhubungan Kota Bima, dari target sebesar Rp 1,6 miliar lebih, realisasi baru Rp 263 juta atau 15,79 persen. Terakhir yakni Dinas Koperindag KotaBima, dari target capaian PAD sebesar Rp 2,1 miliar, baru realisasi sebanyak Rp 772 juta lebih atau 36,00 persen.

“Capaian ini baru pertanggal 31 Agustus 2019, semoga saja pada 31 Desember 2019 nanti bisa 100 persen atau lebih,” harapnya, Kamis (12/9).

Menurut Natsir, minimnya realisasi hingga Agustus tersebut bukan berada pada besarnya target dari masing – masing OPD. Karena target itu sudah diasistensi, sudah diklinis dan ditandatangani oleh kepala OPD.

“Mereka siap dengan target yang ada. Jadi masalahnya bukan pada target,” katanya.

Namun, kendalanya dari sudut pandang dari bidangnya yang sudah beberapa kali monev, yakni persoalan perbaikan tata kelola, yang sangat perlu ditingkatkan. Sehingga ruang ruang kebocoran mungkin bisa dieliminir dan pemanfaatan atas potensi bisa lebih baik.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru