Kabar Bima

Hebat, Puskesmas Mpunda Dapat Status Akreditasi Utama

382
×

Hebat, Puskesmas Mpunda Dapat Status Akreditasi Utama

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Berdasarkan surat Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan RI, Puskesmas Mpunda Kota Bima mendapatan status akreditasi Utama. Tentu saja ini hebat, karena lompatan luar biasa dari sebelumnya yang hanya berada pada tingkat dasar.

Hebat, Puskesmas Mpunda Dapat Status Akreditasi Utama - Kabar Harian Bima
Kepala Dikes Kota Bima H Azhari. Foto: Ist

“Hasil ini tidak naik bertahap mengikuti anak tangga, tapi lompatan melewati dua anak tangga sekaligus, hingga peroleh status akreditasi utama,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) H Azhari, Rabu (18/9).

Hebat, Puskesmas Mpunda Dapat Status Akreditasi Utama - Kabar Harian Bima

Diakui Azhari, surat pemberitahuan akreditasi tersebut dari Kementerian Kesehatan RI Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dengan Nomor: YM.02.01/VI.14/706./2019 dan dikeluarkan tertangga 12 Agustus 2019, perihal pemberitahuan status akreditasi puskesmas.

Pada surat itu kata dia, diberitahukan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat, sehubungan telah dilaksanakan kegiatan survei pada puskesmas yang diusulkan, maka berdasarkan hasil rekomendasi tim surveior yang bertugas, rapat kelulusan dan penetapan status akreditasi oleh Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), diberitahukan penetapan status akreditasi puskesmas.

“Ada 5 status kelulusan akreditasi puskesmas di Provinsi NTB, salah satunya Puskesmas Mpunda dan meraih akreditasi utama,” ujar Azhari.

Dengan penetapan status tersebut sambungnya, maka bagi puskesmas yang terakreditasi akan
diberikan sertifikat akreditasi puskesmas dan rekomendasi hasil survei.

“Tentu saja hasil akreditasi ini tidak lepas dari usaha maksimal dari jajaran Puskesmas. Insha Allah ke depan tinggal satu langkah untuk meraih tingkatan tertinggi yaitu Paripurna,” ucap Azhari.

*Kahaba-01