oleh

Program Kotaku di Rontu Sukses Kurangi Jumlah Kekumuhan

-Kabar Bima-1 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Masyarakat Kelurahan Rontu merasakan betul dampak masuknya Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Sejumlah lingkungan yang sebelumnya masih terlihat kumuh, kini sudah berangsur-angsur tertata dengan baik dan indah dipandang mata.

Lurah Rontu Ihwan. Foto: Bin

Lurah Rontu Ihwan mengaku jika program dimaksud membawa dampak besar untuk perubahan kelurahan tersebut. Sejak menerima kucuran anggaran setiap tahun, maka kekumuhan di daerah itu mampu dikurangi.

“Sudah banyak yang berkurang, banyak sekali malah. Kalau saya lihat, 50 persen kekumuhan sudah tidak ada lagi. Tingga sisanya dibeberapa lingkungan saja,” ungkapnya, Rabu (18/9).

Ia mencontohkan pada lingkungan yang sebelumnya masyarakat kesulitan akses, tapi setelah Kotaku masuk, kemudian dibuatkan gang, akses masyarakat pun bisa semakin mudah.

“Di RT 2 dan 1 misalnya, disana tidak ada gang. Sekarang sudah ada semua, masyarakat sekarang pun sudah banyak menikmati hasil Program Kotaku,” katanya.

Di Rontu menurut Ihwan, program itu bisa berjalan dengan lancar. Masyarakat juga sangat antusias menerima dan mengerjakannya. Kendati tetap ada dinamika yang muncul, tapi bisa diselesaikan karena masih dalam koridor yang wajar.

“Pasti tetap ada dinamikanya, tapi setiap tahun tetap bisa diselesaikan,” ujarnya.

Selain itu, partisipasi anak muda di kelurahan itu juga sangat baik. Jika sebelumnya ada yang menganggur, tapi setelah masuk Program Kotaku, mereka bisa diberdayakan.

Ihwan pun berharap, karena masih tersisa sejumlah lingkungan yang terlihat kumuh, Program Kotaku bisa terus ada di Kelurahan Rontu. Agar bisa menyelesaikan semua wilayah kekumuhan.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru