Kabar Bima

Pemerintah Distribusi Kebutuhan Air Bersih di Desa Mpili  

220
×

Pemerintah Distribusi Kebutuhan Air Bersih di Desa Mpili  

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima,  Kahaba.- Kemarau panjang beberapa bulan terakhir mengakibatkan kekeringan disejumlah wilayah di Kabupaten Bima. Salah satu wilayah terdampak kekeringan yakni Desa Mpili Kecamatan Donggo.

Pemerintah Distribusi Kebutuhan Air Bersih di Desa Mpili   - Kabar Harian Bima
Mobil tangki BPBD saat menyalurkan air di Desa Mpili. Foto: Ist

Untuk pemenuhan kebutuhan air bersih, 1 unit mobil pengangkut air bersih dari BPBD bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Bima, Rabu (18/9) dikerahkan di wilayah dimaksud.

Pemerintah Distribusi Kebutuhan Air Bersih di Desa Mpili   - Kabar Harian Bima

Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Bima Rizal Mukhlis mengatakan, pihaknya mendistribusikan berdasarkan permintaan masyarakat dan pemerintah desa. Sementara biaya solar mobil bekerja sama dengan Lembaga Swadya Masyarakat-Aksi Cepat Tanggap (LSM ACT), karena belum tersedia dana dari Dinas sosial.

“Sesuai permintaan awal dari masyarakat,  kami hanya menyalurkan bantuan 1 tangki mobil air bersih dengan isi 5.000 liter,” ujarnya.

Sementara itu,  masyarakat setempat sangat antusias menerima kehadiran mobil pengangkut air. Salah seorang warga Romansyah menyatakan, kehadiran air tersebut tentu sangat membantu. Kendati permintaan awal hanya 1 unit mobil saja,  tetapi kehadiran air begitu dinantikan.

Diakuinya, sebanyak 5.000 liter air yang didatangkan untuk masyarakat Desa Mpili disalurkan pada beberapa bak, seperti  Bak Masjid Al-Ikhlas,  3 Bak di Dusun Tolo Lembo dan 1 bak di Dusun Wadukala.

“Bagi beberapa dusun yang belum mendapatkan diatribusi air bersih, BPBD akan kembali menyalurkannya nanti,” ungkapnya.

*Kahaba- 07