oleh

Kementerian Pertahanan RI Diskusi Kelompok Terarah di Kota Bima

-Kabar Bima-25 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Sekretaris Daerah Kota Bima H Mukhtar dan Pimpinan DPRD Kota Bima, menerima kunjungan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Strategi Pertahanan Balitbang Kementerian Pertahanan RI (Kapuslitbang Strahan Kemhan RI) Laksamana Pertama TNI Arif Harnanto bersama tim di ruang rapat Walikota Bima, Selasa (24/9).

Diskusi Kelompok Terarah Kementerian Pertahanan RI bersama Sekda Kota Bima, Pimpinan DPRD dan tokoh masyarakat. Foto: Dok Hum

Kehadiran Kapuslitbang Strahan Kemhan RI terkait dengan Focus Group Discussion (FGD) yang mengusung tema “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Strategi dan Kekuatan Pertahanan dalam 5 Tahun ke Depan”.

Kegiatan inipula dihadiri  Dandim 1608/Bima, Kapolres Bima Kota, MUI, Asisten III Setda Kota Bima, TNI AL, Kepala Bakesbangpol Achmad Fathoni, Plt Kepala Pol PP serta OPD terkait.

Arif Harnanto menyampaikan, FGD berperan sebagai salah satu bahan penelitian yang akan diolah dan direkomendasikan kepada Kementerian Pertahanan RI, untuk menjadi pertimbangan dalam penyusunan kebijakan jangka menengah.

“Pembahasan ini berupa faktor-faktor yang berhubungan dengan kekuatan pertahanan negara saat ini dan 5 tahun ke depan. Kemudian kelemahan pertahanan negara, peluang dalam pembangunan kekuatan pertahanan negara, hingga ancaman dalam pembangunannya menjadi faktor yang mengidentifikasi tujuan diskusi,” ujarnya.

Dari pertemuan tersebut, juga terdapat diskusi yang lebih spesifik mengarah kepada ancaman-ancaman yang ada di Bima, sumber daya pertahanan seperti alutsista, personel, hingga infrastruktur, termaginalkannya kepentingan pertahanan dalam agenda pembangunan, ketimpangan pembangunan antar daerah, politik identitas dan konflik horizontal, sistem pemerintahan yang terjangkit korupsi hingga menyangkut pada persoalan kejahatan transnasional serupa terorisme, narkoba, cybercrime, hingga human trafficking.

Dalam forum diskusi tersebut seluruh peserta yang hadir turut aktif menyumbang ide terkait pengalaman kerja di lini, bidang kerja masing-masing. Seperti Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra mengajak kepada seluruh peserta diskusi, agar memanfaatkan dan memaksimalkan forum tersebut untuk membahas segala permasalahan yang ada di Kota Bima.

Begitu juga dengan unsur pimpinan DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan menjelaskan, terkait potensi-potensi yang ada di Kota Bima, ekonomi sosial kemasyakaratan hingga pada dinamika yang dihadapi.

Dengan berbagai pembahasan dan komentar positif tersebut, mendapat apresiasi Kapuslitbang Strahan Kemhan RI atas semangat seluruh peserta FGD menjadi pernyataan penutup dalam acara tersebut.

“Dari sekian lokasi yang saya kunjungi, hanya di Kota Bima saya menemukan semangat yang luar biasa dari peserta FGD, terima kasih banyak atas keluangan waktu saudara-saudara,” bebernya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru