Kabar Bima

Progres Pemilihan Penyedia Melalui Tender Proyek Capai 86 Persen

190
×

Progres Pemilihan Penyedia Melalui Tender Proyek Capai 86 Persen

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Ada ratusan paket proyek yang dikerjakan pada APBD Kota Bima tahun 2019 . dari jumlah itu, sebanyak 69 paket dilelang dan sednag dilakukan pemilihan penyedia melalui proses tender.

Progres Pemilihan Penyedia Melalui Tender Proyek Capai 86 Persen - Kabar Harian Bima
Kabag Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Bima Iskandar Z. Foto: Bin

Kabag Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Bima Iskandar Z menjelaskan, 69 paket proyek tahun 2019 yang dilelang tersebar di sejumlah dinas. Yang paling banyak berada di Dinas PUPR.

Progres Pemilihan Penyedia Melalui Tender Proyek Capai 86 Persen - Kabar Harian Bima

“Di Dinas PUPR proyek fisiknya yakni sebanyak 26 paket lelang. Kemudian di BPBD, dan di Bagian Administrasi Pemerintahan serta Koperindag,” ungkapnya, Senin (30/9).

Diakui Iskandar, untuk progres pemilihan penyedia melalui tender sudah mencapai 86 persen. Prosesnya pun tidak ada kendala yang berarti. Hanya berupa keterlambatan memulai proses pemilihan penyedia, karena adanya imbauan KPK RI pada masa pemilu legislatif.

“Dari imbauan KPK itu, tentu berdampak pada pelaksanaan di lapangan,” terangnya.

Ditanya proyek penunjukan langsung (PL), Iskandar mengaku masih ditangani oleh pejabat pengadaan di masing-masing OPD teknis.

“Jumlah PL banyak, bisa mencapai ratusan paket proyek,” katanya.

Ia menambahkan, jumlah yang mendaftar pada satu paket pekerjaan, baik itu fisik dan pengadaan barang dan jasa, bisa lebih dari 5 rekanan. Hanya saja yang memasukan penawaran hanya 1-3 perusahaan.

“Perusahaan yang tidak memenuhi standar, tentu tidak bisa diikutsertakan pada proses tender,” jelasnya.

*Kahaba-01