oleh

Pelayanan Dinilai Buruk, Pemuda Cenggu Seruduk Puskesmas Belo

-Kabar Bima-14 kali dibaca

Kabupaten Bima, Kahaba.- Kecewa dengan pelayanan medis yang lamban dan bertele – tele, Puluhan pemuda Desa Cenggu mendatangi Puskesmas (PKM) Belo, Senin (30/9). Para pemuda menilai jajaran PKM setempat tidak paham SOP, apalagi ditambah kepala PKM tidak ada di tempat.

Pemuda Cenggu saat mendatangi PKm Belo. Foto: Akhyar

Salah seorang pemuda Cenggu Yogi mengatakan, puskesmas mengambil tindakan saat melayani pasien harus sesuai SOP. Ia pun menyesalkan pelayanan jajaran PKM Belo, yang mengeluarkan surat rujukan via telpon untuk pasien.

“Masa mengeluarkan surat rujukan via telepon, padahal surat rujukan itu harus ditandatangani dokter sebagai penanggungjawab,” sorotnya.

Kata dia, ayak kandungnya Abdul Muis dirawat di  Puskesmas Belo sekitar pukul 19.30 Wita sampai pukul 22.30 Wita. saat itu, ayahnya hanya dipasang infus, tanpa diperiksa penyakit yang diderita, lantaran dokter tidak ada di tempat.

“Dokter kan seharusnya siap siaga di puskesmas supaya cepat mengambil tindakan,” katanya.

Untuk itu, karena menilai pelayanan PKM Belo buruk, ia meminat Bupati Bima dan Wakil Bupati Bima mengevaluasi kinerja Kepala PKM Beli. Bila perlu segera mencopot jabatannya tersebut. Karena pelayanan terhadap pasien tidak memuaskan.

Di tempat terpisah, Kepala PKM belo dokter Eni Anggriani menjelaskan, SOP pelayanan dokter Puskesmas Belo memang ada. Pihaknya hanya membuat regulasi untuk shift sore dan malam. Dokter lalu memberikan wewenang kepada bidan dan perawat sesuai Permenkes.

“Karena dokter di sini tidak memiliki rumah dinas, jadi kami tidak mungkin untuk berada selama 24 jam di puskesmas,” katanya.

Namun yang pasti kata dia, pihaknya tidak menelantarkan pasien. Jika jajarannya tidak menerima, merawat dan lain sebagainya, itu murni kesalahan yang dilakukan. Akan tetapi, pihaknya sudah menerima, merawat dan memeriksa pasien.

“Kalau persoalan tadi malam itu hanya faktor waktu saja, keterlambatan menangani pasien cuman miss komunikasi dokter dengan perawat,” kilahnya.

Ia menambahkan, malam itu dokter Isti selaku penanggungjawab semua pelayanan yang ada di Puskesmas Belo tidak bisa datang. Maka sekitar pukul 21.00 Wita, dirinya langsung berangkat dari Kota Bima dan tba di Puskesmas Belo sekitar pukul 22.10 Wita.

*Kahaba-C09

Komentar

Kabar Terbaru