Kabar Bima

126 CPNS Kota Bima Ikut Latsar dan Diklat Prajabatan

236
×

126 CPNS Kota Bima Ikut Latsar dan Diklat Prajabatan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 126 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Kota Bima akan mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Prajabatan di Hotel La Ila, Rabu (2/10).

126 CPNS Kota Bima Ikut Latsar dan Diklat Prajabatan - Kabar Harian Bima
Kepala Bidang Pengembangan SDM dan Penilaian Kinerja BKPSDM Kota Bima M Rosyd Rum. Foto: Eric

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan SDM dan Penilaian Kinerja BKPSDM Kota Bima A Rosyid Ruum Hadi mengatakan, pelaksanaan Diklat Prajabatan ini merupakan syarat bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

126 CPNS Kota Bima Ikut Latsar dan Diklat Prajabatan - Kabar Harian Bima

Pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah No 101 Tahun 2000, tentang pendidikan dan pelatihan jabatan Pegawai Negeri Sipil, antara lain ditetapkan jenis-jenis diklat PNS.

“Salah satu di antaranya jenis diklat prajabatan bisa dari golongan I, II atau bahkan III, yang merupakan syarat pengangkatan CPNS untuk menjadi PNS,” ujarnya, Selasa (1/10).

Rosyd menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan, wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Beberapa materi yang akan disampaikan seperti, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan organisasi.

Rosyd mengungkapkan, diklat prajabatan akan diikuti 126 CPNS dari 2 formasi angkatan, yang terdiri dari jalur formasi umum dan Kategori dua (K2). Berdasarkan jadwal yang telah disusun, seluruh peserta diklat prajabatan mulai di karantina besok Rabu 2 Oktober sampai dengan Sabtu 2 November mendatang.

“Proses prajabatan ini sangat penting diikuti seluruh peserta, apabila tidak maka tidak bisa diangkat menjadi PNS,” tambahnya.

*Kahaba-04