oleh

Selain Perbaikan Gizi, Program KRP Bisa Bantu Ekonomi Warga

-Kabar Bima-2 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Program Kawasan Rumah Pangan (KRP) Lestari sangat dirasakan manfaatnya. Tidak saja untuk memperbaiki gizi masyarakat yang kelahiran pendek, pun bisa menambah pendapatan ekonomi kelompok penerima manfaat.

Foto bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima Syamsuddin dengan kelompok Karya Sentosa Kelurahan Rite. Foto: Deno

Ketua Kelompok Karya Sentosa Kelurahan Rite Siti Rohana menyampaikan, berdasarkan arahan PPL serta dinas Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian, ayam yang dibagikan pada program KRP merupakan ayam bertelur. Selain memanfaatkan dagingnya untuk memenuhi kebutuhan gizi, telurnya juga bisa dijual untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Tikda hanya itu, setip kelompok juga dibagikan bibit sayuran untuk ditanam di perkarangan rumah. Hasil tanaman ini pun bisa sebagiannya dijual untuk membantu kebutuhan ekonomi.

“Program ini sangat membantu kami, kami sangat berterima kasih pada pemerintah atas bantuan yang sudah kami terima sekarang,” ungkapnya.

Rohana juga mengaku, semua anggota kelompok sudah menerima bantuan tersebut. Setiap KK dalam kelompok mendapatkan 45 ekor ayam dan sejumlah bibit sayuran dan bibit buah-buahan. Kondisi ayam pun sudah dilaporkan ke Kepala Dinas Ketahanan Pangan serta perwakilan Dinas Pertanian dan PPL.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bima Syamsuddin berharap agar kebersihan kandang ayam tetap terjaga dengan baik. Pastikan pemberian makan dan minum ayam sesuai waktu dan secara teratur. Jika ada ayam yang sakit, pisahkan dan segera memberi antibiotik.

“Kunci dari kesusksesan dalam usaha adalah keuletan dan rajin serta miliki semangat yang tinggi,” katanya saat melihat kondisi kandang dan ayam di kelompok Karia Sentosa Kelurahan Rite.

*Kahaba-05

Komentar

Kabar Terbaru