oleh

Program KRPL Lestari, Kelompok Dapat Bantuan Ayam KUB

-Kabar Bima-55 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Kelompok penerima manfaat program KRPL Lestari di 12 kelurahan menerima bantuan Ayam Kampung Unggul BALITNAK (KUB). Ayam ini pun memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan ayam kampung biasa.

Jenis Ayam KUB. Foto: Ist

Kepala Tata Usaha Poskeswan Rasanae Timur Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima Sulistiyanto memaparkan, Ayam KUB memiliki keunggulan seperti sifat mengeram rendah dan produksi telur tinggi. Sehingga menjadi indukan DOC (famlae line) yang banyak.

Jika dibandingkan telur ayam kampung biasa dengan ayam KUB sangat berbeda, ayam kampung setahun hanya 146 butir mengahasilkan telur, sedangkan ayam KUB dapat menghasilkan 180 butir telur tiap tahun.

“Ayam yang dibagikan ke kelompok sekarang adalah ayam KUB, ayam berjenis ayam kampung dengan galur baru yang dihasilkan Badan Litbang Pertanian,” paparnya saat menemui kelompok Karia Sentosa Kelurahan Rite, Rabu (2/10).

Ia menjelaskan, budidaya ayam ini bertujuan untuk meningkatkan produksi telur ayam, agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Telur ayam KUB tidak bisa dineteskan melalui induknya, namun bisa menetes melalui mesin penetes.

Jika usaha para kelompok penerima bantuan tersebut berjalan baik, dan ayam bisa maksimal menghasilkan telur, maka pemerintah akan menyediakan dan membeli mesin penetes telur tersebut.

“Ayam ini akan mulai bertelur saat umur 6 bulan hingga umur 7 bulan. Hanya saja telur ayam ini tidak bisa menetes melalui induknya. Pemerintah akan menyiapkan mesin penetes telur untuk para kelompok nanti,” katanya.

*Kahaba-05

Komentar

Kabar Terbaru