oleh

Peringati Hari Batik, SMKN 3 Gelar Lomba Peragaan Busana dan Pameran Bermotif Batik 

-Kabar Bima-8 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Memperingati Hari Batik Nasional yang digelar setiap tanggal 2 Oktober, jajaran SMKN 3 Kota Bima menggelar lomba peragaan busana dan pameran batik hasil karya peserta didik.

Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainudin bersama siswa setempat saat memamerkan hasil batik di sekolah setempat. Foto: Eric

Peragaan busana diadakan selama satu hari, dan pameran selama 3 hari mulai Selasa sampai Kamis (2-4/10). Kegiatan dimaksud juga diikuti 15 peserta perwakilan guru, pegawai dan siswa.

Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainuddin menyampaikan, pada lomba tersebut pihaknya mempromosikan batik dikalangan dunia pendidikan, terutama pelajar sebagai generasi bangsa. Sebab, batik merupakan warisan budaya Indonesia yang mendunia,.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk dan langkah untuk melestarikan batik, sesuai adanya jurusan kriya tekstil di SMK. Pada jurusan ini, mengajarkan tentang seni rupa, yang menyatukan nilai fungsional dan keindahan yang sarat dengan makna filosofis.

“Berbicara batik adalah seni, terdapat nilai keindahan, keselarasan, motif, keuletan, konsistensi, kesabaran dan nilai luhur lainnya. Tentu hal ini cocok diajarkan kepada pelajar, karena dapat membentuk karakter siswa yang unggul dan berkualitas,” katanya.

Mantan Wakasek Sarana dan Prasarana itu menjelaskan, batik yang dibawakan dalam peragaan busana (fashion show) tersebut langsung oleh pelajar sebagai model. Bentuknya corak batik kekinian dan motif Lokal yang disesuaikan.

“Untuk dapat diterima di kalangan pelajar, maka batik juga harus kekinian modelnya,” tambah Jainuddin.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru