Kabar Bima

50 Warga yang Terdampak Konflik di Papua Tiba di Bima

356
×

50 Warga yang Terdampak Konflik di Papua Tiba di Bima

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.-  Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri beserta jajaran menyambut secara langsung kedatangan 50 warga Bima terdampak konflik Papua, di Ruang VIP Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Minggu sore (6/10).

50 Warga yang Terdampak Konflik di Papua Tiba di Bima - Kabar Harian Bima
Bupati Bima saat foto bersama warga Bima dari Papua yang baru saja tiba di Bandara. Foto” Dok Hum

Kepulangan 50 warga atas fasilitasi Pemkab Bima tesebut diawali dengan pemeriksaan kesehatan guna memastikan kondisi kesehatan mereka.

50 Warga yang Terdampak Konflik di Papua Tiba di Bima - Kabar Harian Bima

Kasubbag Informasi dan Pemberitaan Setda Kabupaten Bima Zainuddin melalui siaran persnya mengatakan, rasa haru dan ungkapan terimakasih mendalam disampaikan segenap warga kepada Bupati Bima untuk kerja keras dan ketulusan mengurus dan memfasilitasi warga sejak masa evakuasi hingga pemulangan ke tanah kelahiran.

“Dalam sambutannya Bupati Bima menyampaikan rasa syukur kehadirat Allah SWT bahwa seluruh keluarga yang dipulangkan pada gelombang pertama telah tiba dengan aman dan selamat,” katanya.

Pada kesmepatan itu, Bupati Bima menitip pesan kepada segenap warga agar menghadapi cobaan ini dengan sabar dan tawakkal, menjadikan semua itu sebagai pengalaman berharga serta dipetik hikmahnya untuk makin menebalkan tekad menata hidup menjadi lebih baik pada masa – masa selanjutnya.

Juga diinstruksikan kepada OPD terkait di antaranya Dikbudpora agar memastikan dengan segera anak-anak warga terdampak konflik Papua, agar tetap memperoleh kesempatan melanjutkan pendidikannya pada sekolah-sekolah terdekat di kediaman masing – masing.

Kemudian Dinas Dukcapil diinstruksikan untuk memfasilitasi  pengurusan Adminduk, Dinas Kesehatan diinstruksikan untuk memastikan kondisi kesehatan para warga setelah sampai ke kediaman masing-masing, Dinas Sosial diinstruksikan agar memastikan 50 orang warga tersebut samapai ke kampung halaman masing-masing dengan aman dan selamat.

Terkait harapan warga tentang kelanjutan pekerjaan dan penghidupannya sebagaimana yang disampaikan salah seorang rombongan warga terdampak konflik Suhardin, Bupati Bima menyatakan bahwa fokus perhatian Pemkab Bima pada saat ini adalah memastikan seluruh warga terdampak konflik Papua berada dalam kondisi sehat, aman dan selamat.

“Adapun permasalahan yang disampaiakan Suhardin, mesti dicermati secara komprehensif dan dikaji serta dikoordinasikan secara padu bersama semua pihak, mengingat setiap pemerintahan pada semua tingkatan memiliki landasan regulasi serta batasan kewenangan masing – masing,” jelasnya.

Zainuddin menambahkan, setelah disambut di ruang VIP Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, 50 warga sebagaimana dimaksud dihantar ke kampung halaman masing – masing dengan menggunakan mobil yang telah disiapkan.

*Kahaba-01