Kabar Bima

Kirab Budaya dan Pawai Kuda Hiasi Rakor Apeksi

282
×

Kirab Budaya dan Pawai Kuda Hiasi Rakor Apeksi

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Rangkaian kegiatan yang disiapkan menyambut rapat koordinasi (Rakor) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Komisariat Wilayah (Komwil) IV, dipastikan digelar. Beberapa diantaranya, seperti pacuan kuda di arena pacuan Desa Panda Kabupaten Bima, kini sedang berlangsung.

Kirab Budaya dan Pawai Kuda Hiasi Rakor Apeksi - Kabar Harian Bima
Kegiatan Pawai Budaya saat HUT Kota Bima yang ke X. Foto: mediagardaasakota.blogspot.com

Hanya saja, beberapa dari kegiatan yang akan digelar beberapa hari ke depan, ada yang mengalami perubahan hari dan tempat pelaksanaan dari agenda semula. Seperti pawai/kirab budaya APEKSI dan pawai kuda.

Kirab Budaya dan Pawai Kuda Hiasi Rakor Apeksi - Kabar Harian Bima

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bima, Drs. H. Sukri, M.Si, menyampaikan beberapa perubahan tempat kegiatan tersebut, agar masyarakat mengetahui jelas jadwal pelaksanaannya. Katanya, yang mengalami perubahan tempat dari jadwal semula adalah kegiatan pawai budaya APEKSI dan pawai kuda.

Dijelaskannya, pawai kuda yang sebelumnya direncanakan mengambil tempat dan rute dari lapangan SDN 10 Kota Bima, menyusuri jalan di terminal Kumbe, kemudian berakhir di lapangan Pahlawan Raba Bima, Senin (12/11/2012) kemarin. Diubah dari kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, menyusuri jalan Soekarno-Hatta menuju lapangan Merdeka, dan finis di halaman museum ASI Mbojo, Kamis (15/11/2012) mulai pukul 08.00 WITA.

Sebelum star dari kantor Pemkot Bima, kata Sukri, sebanyak 200 kuda yang dibagi dalam kategori jara kapa na’e, jara sarau, dan kuda biasa tersebut, akan dikumpulkan di lapangan eks kandang ternak Dinas Peternakan Kabupaten Bima, belakang kantor Lurah Penatoi. “Pawai kuda ini akan dilepas secara bersama oleh Kepala Disbudpar NTB dan sejumlah pejabat lainnya,” ujarnya di kantor Disbudpar Kota Bima.

Kemudian, lanjut Sukri, pawai kuda sejenak akan disambut oleh peserta Rakor APEKSI di Paruga Nae, saat istirahat dari kegiatan Rakor. Wali Kota Bima mengajak peserta APEKSI (para Wali Kota) menonton pawai kuda. Selain itu, disuguhkan perah susu kuda saat jeda Rakor APEKSI di Paruga Nae.

Selanjutnya pada Jumat (16/11/2012), beber Sukri, direncanakan dialog Budaya di museum ASI Mbojo yang dihadiri Wakil Gubernur NTB, Ir. H. Badrul Munir, MM. Sekaligus bakti sosial di Kelurahan Manggemaci dengan melibatkan rombongan APEKSI.

Untuk kegiatan pawai budaya APEKSI digelar Rabu (14/11/2012) pukul 14.00 WITA. Rutenya, dari kantor Pemkot Bima ke arah timur menuju lapangan Pahlawan Raba Kota Bima. Pesertanya, seluruh peguyuban etnik yang ada di Kota Bima dengan mengusung tema ‘Kota Bima dalam Bhineka Tunggal Ika’. Selain itu, perwakilan masyarakat kecamatan se-Kota Bima dan diiringi grup drum band SMPN 2 dan SMAN 1 Kota Bima.

“Walikota Bima juga akan mengajak para Walikota peserta APEKSI untuk menonton bareng pacuan kuda sekaligus atraksi joki cilik dan pacuan benhur,” terang Sukri. [*P/BM]