Makembo Gelar Literasi Di Bajo Pulau

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dalam rangka membumikan literasi di kabupaten dan Kota Bima, Komunitas Budaya Majelis Kebudayaan Mbojo (Makembo) menggelar kegiatan Kemah Budaya dan Literasi di Desa Bugis dan Desa Bajo Pulau Kecamatan Sape.

Kegoiatan literasi yang dihelat Makembo di Bajo Pulau. Foto: Ist

Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari Sabtu dan Minggu (12-13/10). Selain Makembo, kegiatan ini juga diikuti Komunitas Mbojo Itoe Boekoe dan komunitas lainnya di wilayah Sape dan sekitarnya.

“Kegiatan literasi diawali dengan edukasi permainan rakyat tradisional Bima Mpa’a Tutukalikuma dan Songko Janga di PAUD Darmawan desa Bugis,” jelas budayawan Bima Alan Malingi yang juga Ketua Makembo.

Pada siang hari rombongan tim literasi menyebrang ke Dusun Pasir Putih Desa Bajo Pulau dan langsung menggelar kegiatan literasi baca tulis di dermaga setempat. Pada sore hari dihelat kegiatan edukasi permainan rakyat Bima Mpa’a Tapa Gala dan lomba cerdas cermat sejarah dan budaya Bima di tepi pantai Sarae Bura.

“Malam hari digelar diskusi budaya tentang sejarah Desa Bajo Pulau dengan narasumber tokoh masyarakat Bajo Pulau Pasir Putih H Zunaiddin,” katanya.

Kemudian pada Minggu pagi, tim literasi menggelar kegiatan bersih pantai, mengunjungi telaga bidadari dan So Santinggi. Minggu siang Tim Literasi menyebrang menuju pelabuhan Sape.

Sepanjang tahun 2019 diakuinya, Makembo dan beberapa komunitas telah menggelar kegiatan kemah budaya dan literasi di beberapa tempat di Bima, seperti di Desa Sai Soromandi, Lamere Kecamatan Sape, Desa Bumi Pajo Donggo, Toro Maci Jampa Langgudu dan Di Bajo Pulau.

“Sejauh ini Makembo melaksanakan literasi secara swadaya dengan dana patungan para anggota komunitas,” ungkapnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *