Kabar Bima

Bedah Rumah di Tanjung Sebanyak 30 Unit

314
×

Bedah Rumah di Tanjung Sebanyak 30 Unit

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RRTLH) di Kelurahan tanjung tahun 2012 ini akan diarahkan pada 30 unit rumah yang ada. Berdasarkan kondisi real di Kelurahan Tanjung, kelurahan yang satu ini memiliki warga miskin yang terbanyak dari 38 Kelurahan yang ada di Kota Bima.

Bedah Rumah di Tanjung Sebanyak 30 Unit - Kabar Harian Bima
Lurah Tanjung, Suryadin, SH. Foto: Bin Kalman

Kepala Kelurahan Tanjung, Suryadin, SH mengaku bahwa tahun 2012 ini hanya 25 unit yang di rehab, namun karena kebijakan Pemerintah Kota Bima (BPMPK, red), khusus di Tanjung menjadi 30 unit rumah yang akan di bedah.

Bedah Rumah di Tanjung Sebanyak 30 Unit - Kabar Harian Bima

Suryadin mengakui, jumlah data miskin di Tanjung lebih kurang 600 KK dari total 1800 KK yang ada. Dan di tahun 2011 lalu, program RRTLH pun berlangsung di Kelurahan Tanjung. “Sekitar 106 unit rumah di tahun 2011 diberikan bantuan lewat program RRTLH dan dananya bersumber dari APBN, APBD I dan APBD II,” akunya.

Ditahun 2012 ini, Lajut Suraydin, karena hanya bersumber dari APBD, hanya 30 unit rumah saja yang akan dibedah. Dan masing-masing rumah nantinya akan mendapat uang sebesar Rp 5 juta.

Ia mengakum, saat ini dananya belum dicairkan dan masih dalam penyelesaian administrasi. Rencananya, program ini akan dilaksanakan sekitar bulan Januari 2013 mendatang.

“Untuk rumah yang akan mendapat bantuan adalah  rumah tidak layak huni, dan pendapatan hidup pemilik rumah kecil sedangkan tanggungan dan beban hidupnya besar,” jelasnya kepada Kahaba, Selasa, 13 November 2012.

Ia mengakhiri bahwa syarat program bedah rumah ini antara lain rumah tersebut adalah milik sendiri dan dibuktikan dengan sertifikat, SPPT dan juga pengalihan Bukti hak yang sah. [BK/BM]