Besok Puskesmas Kumbe Dinilai Tim Akreditasi

Kota Bima, Kahaba.- Dikes Kota Bima dan jajaran Puksesmas Kumbe malam ini, Rabu (16/10) menyambut kedatangan Tim Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Kemenkes RI. Pertemuan di Aula Kantor Walikota Bima tersebut juga dihadiri Wakil Walikota Bima, Sekda dan Ketua DPRD Kota Bima.

Kepala Dikes Kota Bima menyampaikan laporan saat pertemuan dengan Tim Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI. Foto: Bin

Rencananya, Tim Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI ini akan memotret Puskesmas Kumbe, Kamis besok (17/10). Sejumlah persiapan pun tentu dilakukan, agar bisa dinilai oleh tim dimaksud.

Kepala Dikes Kota Bima H Azhari melaporkan, Puskesmas Kumbe merupakan salah satu dari 7 puskesmas yang ada di Kota Bima. Puskesmas Kumbe tentu didirikan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di wilayah timur seperti Kelurahan Oi Fo’o, Oi Mbo dan Kelurahan Kumbe.

“Puskesmas Kumbe sebagai puskesmas penyangga mobilitas penduduk di wilayah yang berdekatan dengan terminal Kumbe. Tentunya puskesmas Kumbe harus memiliki fasilitas yang memadai dan SDM yang berkualitas,” ujarnya.

Diakui Azhari, penilaian di Puskesmas Kumbe dimulai besok hingga beberapa hari ke depan. Setelah ini selesai, pada akhir bulan ini akan dilanjutkan dengan penilaian Puskesmas Jatibaru, dan pada awal bulan depan penilaian Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda).

“Saya merasa yakin penilian kali ini bisa dapat hasil yang maksimal,” katanya.

Menurut dia, tahun 2019 menjadi tahun akreditasi. Ini semata – mata ingin memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat. Ini juga sesuai Pasal 39 Permenkes Nomor 75 Tahun 2104, dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, puskesmas wajib diakreditasi secara berkala, paling sedikit 3 tahun sekali.

Di tempat yang sama, Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI. Suatu kebanggaan baginya bisa menerima kehadiran para tim tersebut.

Pertemuan Tim Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI dengan Pemerintah Kota Bima dan jajaran Puskesmas Kumbe. Foto: Bin

Menurutnya, tahun ini menjadi sangat luar biasa, khususnya untuk peningkatan kualitas fasilitas kesehatan yang ada di Kota Bima. Pertengahan tahun lalu, Rumah Sakit Umum Kota Bima mendapatkan Bintang Dua dari tim akreditasi. Tak selang berapa lama, Puskesmas Mpunda juga menyusul mendapatkan status akreditasi pertama.

“Lompatan yang sangat luar biasa, kami sungguh sangat bangga dan ini menjadi cambuk bagi kami selaku pimpinan daerah untuk terus meningkatkan berbagai fasilitas pelayanan kesehatan,” paparnya.

Feri berharap, nantinya Puskesmas Kumbe juga dapat meraih akreditasi yang sesuai pula. Semoga peningkatan status akreditasi ini dapat menjadi motivasi Dinas Kesehatan dan jajaran Puskesmas Kumbe untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang ada di Kota Bima.

Sementara itu, Ketua Tim Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI Indira Agustin mengaku merasa berbahagia dengan penyambutan oleh pemerintah dan jajaran Puskesmas Kumbe.

Besok, pihaknya akan mulai melakukan penilaian dan memotret kualitas dan kuantitas yang ada di puskesmas setempat. Apakah sesuai dengan standar akreditasi yang ditetapkan.

“Kita tidak hanya ingin mendapatkan sertifikat akreditasi, karena yang paling penting itu prosesnya. Makanya, dari hasil penilaian ini ada perubahan prilaku dari jajaran lembaga kesehatan tersebut,” tuturnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *