oleh

DLH Bersihkan Sungai, Agar Kualitas Air Terjaga

-Kabar Bima-2 kali dibaca

Kota Bima, Kahaba.- Guna menjaga kualitas air sungai tetap bersih, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bima membersihkan sungai Raba Salo, Sungai Kampung Ranggo dan sungai yang ada di Lewi Jambu, Kamis (17/10).

DLH saat membersihkan sungai. Foto: Deno

Di sungai Kampung Ranggo, personil membersihkan tumpukan sampah dan semak-semak. 5 unit armada juga disiapkan untuk mengangkut sampah.

Kabid Tata Lingkungan DLH Abdul Haris menyampaikan, kemarin 25 personil membersihkan sungai Dam Salo. Kemudian hari ini dilanjutkan membersihkan sampah di sungai Kampung Ranggo dan akan dilanjutkan di Sungai Lewi Jambu.

“3 sungai ini dianggap rawan banjir dan memiliki sampah yang paling banyak,” ujarnya, Kamis (17/10)

Kata Haris, kegiatan ini merupakan program yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Tujuannya untuk pengendalian pencemaran sungai, sehingga kualitas air sungai tetap terjaga. Masyarakat pun diminta untuk tidak membuang sampah di sungai maupun di pinggir sungai, karena sampah akan mencemari air sungai.

Jajaran DLH saat berada di lokasi pembersihan sungai. Foto: Deno

Terutama masyarakat yang ada di bantaran sungai, ia meminta agar sampah ditempatkan dalam wadah. Kemudian disimpan di pinggir jalan, karena setiap hari ada armada sampah yang mengangkut untuk dibawa ke tempat pembuangan sampah. Jangan sampai sampah dibuang dalam sungai.

“Jika air sungai bersih, maka air itu bisa digunakan untuk kebutuhan, seperti dipakai menyiram taman, kebutuhan ternak serta kebutuhan lain,” jelasnya.

Haris menambahkan, kebersihan air sungai itu akan terwujud dan terjaga ketika ada kesadaran dari masyarakat. Tanpa itu, maka air sungai tidak akan bersih.

*Kahaba-05

Komentar

Kabar Terbaru